Toli-Toli: Supir truk Ekspedisi Buol, di Pelabuhan Tolitoli, Sulawesi Tengah, Ardi, merasakan kemudahan dalam proses pembayaran masuk dan keluar pelabuhan dengan penerapan autogate pass atau gerbang masuk otomatis di pelabuhan.
Menurutnya, penggunaan uang elektronik sangat memudahkan, dan tidak ada lagi bayar-bayaran lainnya. "Karena menggunakan kartu uang elektronik, proses keluar masuk di Pelabuhan Tolitoli jadi lebih mudah," ungkap
Ardi.
Menurut Direktur Pengelola Pelindo, Putut Sri Muljanto, saat ini, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo memperluas penerapan autogate pass pada 34 pelabuhan yang akan berlaku serentak pada 1 Agustus 2024. Implementasi gerbang masuk otomatis ini sesuai dengan rencana penerapan transaksi non-tunai (cashless) di semua layanan pelabuhan.
"Targetnya 35 pelabuhan, tapi bulan ini sudah mencapai 34 pelabuhan. Pengimplementasiannya akan Go Live pada 1 Agustus 2024. Untuk 2024 kita targetkan bisa 59 pelabuhan," jelas Putu dalam keterangan tertulisnya,
Selasa, 30 Juli 2024.
Pemberlakuan gerbang masuk otomatis ini dapat memperlancar arus operasional kendaraan yang memasuki pelabuhan karena adanya proses pembayaran secara non tunai yang lebih cepat. Pelindo telah menyiapkan
petugas di gerbang, untuk membantu para pengguna jasa yang mebutuhkan bantuan.
"Selain itu, pembayaran non tunai tersebut, juga mendukung terwujudnya pelabuhan yang bersih dari pungutan liar (pungli)," tegas Putu.
Program Pelindo ini, sejalan dengan kebijakan Bank Indonesia (BI) dalam mendorong digitalisasi sistem pembayaran yang inklusif terutama berbasis kartu (uang elektronik, kartu debet/ATM, kartu kredit) selain berbasis
aplikasi (QRIS, BI Fast).
Pembayaran menggunakan kartu uang elektronik sudah terintegrasi dengan layanan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang diinisiasi oleh Bank Indonesia. GPN bertujuan menciptakan ekosistem pembayaran yang sudah 3I (integrasi, interkoneksi, interoperabilitas) sehingga memudahkan proses pembayaran bagi masyarakat.
Layanan autogate system Pelindo menjadikan proses transaksi mudah, efisien, mendorong inklusi keuangan, meningkatkan transparansi, sesuai dengan tren serta memacu inovasi. Semua ini dirancang untuk memberikan
kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat dan pengguna jasa dalam melakukan transaksi. MI/Lina Herlina
Dok. Pelindo Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News