"Hasil dari verifikasi faktual ini nantinya akan dirapatkan di komisi (Komisi Pendataan dan Penelitian Media Dewan Pers). Setelah itu, keputusannya diumumkan oleh komisi," kata Anggota Kelompok Kerja (Pokja) Komisi Pendataan dan Penelitian Media Dewan Pers Winarto, saat melakukan verifikasi faktual di kantor Medcom.id, Jakarta Barat, Kamis, 21 November 2019.
Dewan Pers membagi proses verifikasi menjadi dua, yaitu verifikasi administrasi dan verifikasi faktual. Verifikasi administrasi meliputi pencatatan dan pemeriksaan atas dokumen-dokumen yang telah ada atau sudah diterima Dewan Pers. Sedangkan verikasi faktual adalah upaya Dewan Pers untuk memeriksa semua persyaratan yang sudah diajukan.
Dewan Pers membagi proses verifikasi menjadi dua, yaitu verifikasi administrasi dan verifikasi faktual. Verifikasi administrasi meliputi pencatatan dan pemeriksaan atas dokumen-dokumen yang telah ada atau sudah diterima Dewan Pers. Sedangkan verikasi faktual adalah upaya Dewan Pers untuk memeriksa semua persyaratan yang sudah diajukan. "Verifikasi faktual menunjukkan bahwa baik administrasi maupun fakta-faktanya telah memenuhi semua persyaratan yang dipersyaratkan undang-undang maupun peraturan Dewan Pers," kata Winarto.
Sementara itu Direktur Pemberitaan Medcom.id, Abdul Kohar, mengatakan penting bagi Medcom.id mendapat predikat sebagai media terverifikasi.
Sementara itu Direktur Pemberitaan Medcom.id, Abdul Kohar, mengatakan penting bagi Medcom.id mendapat predikat sebagai media terverifikasi. "Verifikasi menjadi syarat mutlak bagi perusahaan pers untuk dipercaya publik," kata Kohar.
Kohar yakin Medcom.id merupakan perusahaan pers tepercaya. Keyakinan ini didasarkan pada disiplin atas kode etik jurnalistik yang telah dijalankan secara konsisten oleh Medcom.id.
Kohar yakin Medcom.id merupakan perusahaan pers tepercaya. Keyakinan ini didasarkan pada disiplin atas kode etik jurnalistik yang telah dijalankan secara konsisten oleh Medcom.id. "Kami rutin memverifikasi setiap berita yang akan dimuat. Kami juga rutin melakukan pelatihan kode etik jurnalistik. Pemahaman terhadap UU Pers juga terus ditingkatkan," katanya.
Anggota Kelompok Kerja (Pokja) Komisi Pendataan dan Penelitian Media Dewan Pers Winarto bertukar cendera mata dengan Direktur Pemberitaan Medcom.id Abdul Kohar.
Anggota Kelompok Kerja (Pokja) Komisi Pendataan dan Penelitian Media Dewan Pers Winarto bertukar cendera mata dengan Direktur Pemberitaan Medcom.id Abdul Kohar.
Kedatangan Dewan Pers disambut Direktur Pemberitaan Medcom.id Abdul Kohar, Pemimpin Redaksi Medcom.id Budiyanto, dan jajaran redaksi.
Kedatangan Dewan Pers disambut Direktur Pemberitaan Medcom.id Abdul Kohar, Pemimpin Redaksi Medcom.id Budiyanto, dan jajaran redaksi.

Dewan Pers Verifikasi Faktual Portal Medcom.id

News pers
21 November 2019 17:13
Jakarta: Dewan Pers mengunjungi Kantor Medcom.id di Kedoya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kamis, 21 November 2019. Kedatangan Dewan Pers untuk melakukan verifikasi faktual. Verifikasi faktual diperlukan untuk membuat keputusan final bahwa sebuah perusahaan pers sepenuhnya dapat dipercaya dalam memproduksi berita. Medcom.id/Wijokongko
(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif