Berita Baik 20 April: Donasi, Donasi, dan Donasi
Berita Baik 20 April: Donasi, Donasi, dan Donasi
Berita Baik 20 April: Donasi, Donasi, dan Donasi
Berita Baik 20 April: Donasi, Donasi, dan Donasi
Berita Baik 20 April: Donasi, Donasi, dan Donasi
Berita Baik 20 April: Donasi, Donasi, dan Donasi

Berita Baik 20 April: Donasi, Donasi, dan Donasi

Grafis Virus Korona
20 April 2020 18:40
Jakarta: Sifat memberi warga Indonesia patut diacungi jempol. Donasi terus mengalir hingga kini walaupun masyarakat tengah dilanda wabah covid-19. Ternyata, warga Indonesia memiliki jiwa sosial yang tinggi.

Selain soal berderma, hari ini pemerintah juga sudah mulai menyebar 50 ribu reagen PCR ke seluruh laboratorium di Indonesia. Semoga dengan semakin masihnya pemeriksaan ini pemerintah bisa segera mendeteksi pasien yang terdampak virus korona.

Berikut secara lengkap beberapa berita baik yang bisa dibaca di Medcom.id hari ini, 20 April 2020. Tetap menebar kebaikan!


1. Donasi Penanganan Covid-19 Mencapai Rp98,6 Miliar

Dana bantuan penanganan covid-19 yang diberikan masyarakat kepada pemerintah pusat terus bertambah. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat dana masuk mencapai Rp98,6 miliar.
 
Dilansir dari situs resmi BNPB, dana masuk berasal dari rekening dalam negeri Rp33,3 miliar. Lalu, dana yang berasal dari rekening luar negeri Rp227,7 juta.
 
Sementara donasi Rp65 miliar. Donasi merupakan hibah yang diberikan donatur yang disampaikan langsung ke penerima. BNPB maupun Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 hanya bertindak sebagai saksi.


2. Pemerintah Mulai Bagikan Paket Sembako

Pemerintah mulai membagikan paket sembako. Pemberian sembako dilakukan secara simbolis oleh Menteri Sosial Juliari P Batubara mewakili Presiden Joko Widodo.
 
Pembagian sembako dimulai dari sekitar Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Paket sembako yang diberikan senilai Rp600 ribu dan akan dibagikan selama tiga bulan ke depan.
 
"Untuk hari ini kita melakukan distribusi paket sembako wilayah di DKI Jakarta, tentunya apa yang kita lakukan pagi hari ini untuk memastikan kehadiran negara dalam penanganan covid-19 khususnya bagi warga yang terdampak di wilayah Jakarta," kata Juliari di Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin, 20 April 2020.


3. Swedia Donasi Masker untuk Indonesia Melawan Covid-19

Bantuan untuk Indonesia dalam mengatasi pandemi covid-19 terus berdatangan. Swedia menjadi salah satu negara yang berkomitmen untuk memberikan bantuan.
 
"Indonesia dan Swedia tengah memperingati 70 tahun hubungan diplomatik yang jatuh pada tahun ini, 2020. Dan dalam kaitan dengan penanganan pandemi covid-19 di Indonesia, Swedia memiliki komitmen membantu yang sangat besar" ujar Dubes RI untuk Swedia Bagas Hapsoro, dalam keterangan yang dikutip Medcom.id, Senin, 20 April 2020.
 
“Sejumlah bantuan tersebut antara lain, datang dari perusahaan Astra Zeneca dengan 40.000 surgical mask (masker bedah), Perusahaan IKEA dengan home furnishing packages (furnitur), dan H&M dengan donasi garmen seperti pakaian hangat dan juga mainan anak-anak,” imbuh Dubes Bagas.


4. 50 Ribu Reagen PCR Disebar ke Seluruh Laboratorium

Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan 50 ribu bahan tes polymerase chain reaction (PCR) (reagen) telah didistribusikan ke seluruh laboratorium di Indonesia. Alat tes asal Korea Selatan itu tiba di Tanah Air, Minggu, 19 April 2020.
 
"Sampai tadi pagi seluruh reagen yang telah dikirimkan dari Korsel telah terdistribusi ke seluruh laboratorium yang ada di Jakarta dan provinsi lainnya," kata Doni di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta Timur, Senin, 20 Maret 2020.
 
Presiden Joko Widodo mendesak pengujian sampel makin gencar dengan adanya reagen ini. Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga meminta hal yang sama.


5. Kemnaker Sediakan Pelatihan Berbasis TIK

Wabah covid-19 memberikan dampak yang luar biasa terhadap perekonomian Indonesia. Sejumlah perusahaan terpaksa harus memberhentikan karyawannya imbas dari wabah virus korona.
 
Menanggapi permasalahan yang serius itu, pemerintah Indonesia meluncurkan program Kartu Prakerja. Program ini disiapkan sebagai bentuk stimulus dalam menghadapi PHK besar-besaran yang terjadi belakangan ini.
 
Dengan mengikuti program Kartu Prakerja, nantinya masyarakat Indonesia bisa mengikuti pelatihan berbasis online di berbagai macam platform, salah satunya yang disediakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Republik Indonesia.
(AEQ)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif