CEO Econusa Foundation Bustar Maitar (paling kanan). Foto: Medcom.id
CEO Econusa Foundation Bustar Maitar (paling kanan). Foto: Medcom.id

40% Ekonomi Biru Ada di Indonesia Timur

Ade Hapsari Lestarini • 06 September 2022 21:59
Belitung: Ekonomi biru digadang menjadi salah satu sumber perekonomian di masa depan. Wilayah Indonesia timur seperti Papua dan Maluku pun menjadi salah satunya.
 
CEO Econusa Foundation Bustar Maitar mengatakan pengembangan ekonomi biru akan dipusatkan ke wilayah tersebut, karena 50 persen hutan Indonesia ada di sana. Begitu juga dengan perikanan Indonesia.
 
"Blue economy in general 40 persen di Indonesia timur. Ini frontier kita untuk mengatasi perubahan iklim. Indonesia timur menjadi lokasi yang bisa membantu menstabilkan iklim, yang kita punya di Indonesia climate super power," ujar Bustar Maitar, saat konferensi pers G20 Development Ministerial Meeting Side Event, Selasa, 6 September 2022.
 
Baca juga: KKP Perkenalkan Strategi Ekonomi Biru di G20

Oleh karena itu, lanjut dia, Yayasan Econusa mendukung Bappenas dalam mengembangkan ekonomi biru, serta menempatkan masyarakat di wilayah Indonesia timur sebagai pelaku ekonomi biru. Salah satunya yakni ekonomi berbasis wisata, yakni mengembangkan ekonomi tanpa mengorbankan lingkungan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita juga baru meluncurkan kapal ecoxplorer keliling ke pulau-pulau untuk training dan edukasi dalam rangka mengembangkan ekonomi biru. Ini agar masyarakat sadar," ujarnya.
 
Menurut Bank Dunia, ekonomi biru adalah pemanfaatan sumber daya laut yang berwawasan lingkungan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan, dan mata pencaharian sekaligus pelestarian ekosistem laut.
 
Ada berbagai sektor yang termasuk di dalamnya, seperti perikanan, energi terbarukan, pariwisata, transportasi air, pengelolaan limbah, dan mitigasi perubahan iklim. Jika dikelola dengan konsep berkelanjutan, maka tiap sektor mampu membantu mewujudkan Indonesia yang sejahtera.
 
(AHL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif