Corporate Communications Director Danone Indonesia Arif Mujahidin mengatakan, penghargaan yang diterima Danone Indonesia wujud nyata dari visi Danone Indonesia: One Planet, One Health. Menurutnya, pelestarian lingkungan menjadi salah satu rantai bisnis yang menjadi prioritas perusahaan.
“Hal ini ditunjukkan lewat sejumlah inisiatif dan program keberlanjutan yang difokuskan pada pengelolaan sumber sumber daya air, pengurangan karbon, dan pengelolaan sampah,” kata dia dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 20 September 2024.
Arif mengungkapkan, Danone Indonesia juga memiliki program Danone Impact Journey sebagai kompas dan peta jalan dalam memberi dampak nyata bagi yang masyarakat. Ia menjelaskan, program Danone Impact Journey berorientasi pada pelestarian lingkungan, pertumbuhan masyarakat, dan kesehatan.
Baca juga: Zulhas: Penerapan ESG Bukan Lagi Pilihan, Tapi Keharusan! |
Danone Indonesia aktif dalam upaya pengelolaan sumber daya air yang terintegrasi dari hulu hingga hilir di sejumlah Daerah Aliran Sungai (DAS) di Jawa Barat. Danone melakukan program konservasi di area hulu dengan menanam sebanyak 880.705 pohon, 1.204 sumur resapan, dan 4.203 unit rorak.
Selain itu, terdapat program pertanian regeneratif dengan total lahan 35.6 ha yang turut melibatkan dan memberdayakan petani di Jawa Barat. Danone juga membangun 179 sarana air bersih untuk keluarga di Jawa Barat dan terus berupaya untuk menerapkan proses produksi yang ramah lingkungan.
Salah satunya dengan terus melakukan upaya efisiensi energi dan penggunaan energi terbarukan melalui instalasi pembangkit listrik tenaga surya atap (PLTS Atap) di beberapa pabrik seperti Pabrik Ciherang, Mekarsari, Cianjur yang telah terbukti dapat mengurangi emisi sebesar 3.894 ton CO2 per tahun.
Komitmen Danone Indonesia dalam proses produksi yang ramah lingkungan serta menjaga kelestarian lingkungan juga telah mendapatkan pengakuan dari pemerintah melalui penghargaan Proper Hijau yang diberikan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk enam pabrik di Jawa Barat.
Selain itu, Danone Indonesia menghadirkan gerakan Bijak Berplastik untuk kegiatan pengumpulan sampah, edukasi, serta inovasi produk. Di Jawa Barat, gerakan ini telah berhasil mengumpulkan 718 ton sampah plastik per tahun, dengan mengembangkan dua Recycle Business Unit (RBU) dan 43 bank sampah.
Gerakan ini juga telah berhasil mengedukasi 30.254 masyarakat setiap tahunnya, untuk memahami teknik pengelolaan sampah di Indonesia. Danone Indonesia juga menjalankan bisnis model dengan gallon guna ulang, serta menghadirkan inovasi botol 100 persen daur ulang.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id