Ilustrasi. Foto: MI/Usman
Ilustrasi. Foto: MI/Usman

KPPU Kaji Anomali Harga Tiket Pesawat

Ekonomi pesawat kemenhub
Theofilus Ifan Sucipto • 17 Januari 2019 13:52
Jakarta: Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) sedang mengkaji harga tiket pesawat. Kajian difokuskan pada naiknya harga tiket pesawat di luar musim puncak atau peak season.
 
Kepala KPPU Kurnia Toha mengatakan hari ini tim KPPU bertemu perwakilan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk membahas persoalan tiket. "Kami meminta justifikasi dari Kemenhub soal harga tiket," kata Kurnia kepada Medcom.id di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis, 17 Januari 2019.
 
KPPU mempertanyakan harga tiket yang tidak lazim. Sebab, harga tiket sempat naik meskipun bukan musim puncak. "Kalau harga tiket naik waktu peak season, bagi kami wajar. Sekarang bukan (peak season), tapi terus naik," tutur Kurnia.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kurnia juga menilai ada kejanggalan dari turunnya harga tiket pesawat. Sebab, kata dia, ada perbedaan antara harga tiket turun karena kesepakatan dan karena persaingan. Jika penurunan harga tiket berdasarkan persaingan, menurut dia, harganya masih bisa lebih rendah.
 
Oleh karena itu, KPPU akan mengundang maskapai untuk meminta justifikasi mengenai penurunan harga tiket tak lama setelah adanya intervensi dari pemerintah.
 
Baca: Tarif Tiket Penerbangan Domestik Diturunkan
 
Seluruh maskapai nasional yang tergabung dalam Indonesia National Air Carrier Association (INACA) sepakat untuk menurunkan tarif tiket penerbangan domestik. Ada enam rute penerbangan domestik yang mengalami penurunan tarif.
 
"Sejak Jumat (11 Januari 2019) tarif harga tiket domestik khususnya Jakarta-Denpasar, Jakarta-Jogja, Bandung-Denpasar, dan Jakarta-Surabaya akan diikuti dengan penurunan harga tiket di beberapa rute-rute domestik," kata Ketua Umum INACA I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra dalam konferensi pers, Jakarta Selatan, Minggu, 13 Januari 2019.
 
Penurunan tiket ini terjadi tak lama setelah beberapa maskapai menerapkan tarif untuk bagasi. Penerapan tarif ini diinisiasi maskapai penerbangan Lion Air.
 


 

(UWA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif