Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri. Medcom.
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri. Medcom.

Menaker Hanif Masih Cek Kasus Giant

Ekonomi kemenaker berita kemenaker Giant
Eko Nordiansyah • 24 Juni 2019 16:29
Jakarta: Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri buka suara soal tutupnya gerai Giant Express di sejumlah wilayah di Jabodetabek. Sayangnya Hanif belum menerima laporan akan adanya PHK terhadap sejumlah karyawan anak usaha PT Hero Supermarket Tbk (HERO) ini.
 
"Yang ini (penutupan Giant) belum. Saya harus cek dulu," kata Hanif ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin, 24 Juni 2019.
 
Menurutnya, perubahan teknologi yang cepat menjadi faktor berkurangnya kesempatan kerja. Meskipun perubahan teknologi juga memberi kesempatan baru yang harus dibarengi dengan keahlian dari para tenaga kerja.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang hilang dan yang tumbuh akan selalu muncul. Yang penting bagaimana kita bisa mempersiapkan skill yang baik di tengah perubahan. Kalau enggak tentu repot," jelas dia.
 
Dirinya menambahkan setiap tahun Kementerian Ketenagakerjaan akan melaporkan jumlah PHK yang terjadi, termasuk penangangan kasusnya seperti apa yang dilakukan. Biasanya laporan akan disampaikan setiap awal tahun.
 
Dirinya juga menyebut proses penerimaan kerja maupun PHK merupakan hal yang lazim di industri. Ada saatnya orang bisa mendapatkan pekerjaan, tetapi di sisi lain ada pula yang kehilangan pekerjaan karena berbagai macam alasan.
 
"Tapi yang harus dipastikan adalah bagaimana orang bisa selalu bekerja. Ketika dia hilang pekerjaan, dia bisa dapat pekerjaan yang baru. Itu kan kuncinya di skill. Itulah kenapa pemerintah fokus mempersiapkan skill ini sebagai semacam defense capacity," pungkasnya.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif