Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama.

Rest Area Tol Trans-Jawa akan Didominasi UMKM

Ekonomi Tol Trans-Jawa
Ilham Pratama Putra • 22 Desember 2018 12:57
Jakarta: Jalur tol Trans Jawa akan memiliki suasana berbeda dengan jalur tol lain. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan rest area sepanjang jalur Tol Trans Jawa akan diisi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).
 
"Bukan hanya milik swasta, tapi juga ada produk UMKM," kata Budi di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Sabtu, 22 Desember 2018.
 
Baca: Jalan Mulus Trans-Jawa Bikin Jokowi Terlelap
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Budi yakin rencana ini akan menggerakkan ekonomi masyarakat sekitar. Karena, UMKM dapat memenuhi setiap rest area yang ada di jalur tol tersebut.
 
"Jadi pembangunan jalan tol ini juga dapat membantu perekonomian UMKM," tutur Budi.
 
Nantinya, rest area akan diramaikan UMKM dengan produk makanan dan minuman. Sehingga, rest area tak lagi didominasi makanan dari luar negeri.
 
"Sekarang itu ada sate, ayam, sampai pecel juga ada," pungkas Budi.
 
Jokowi meresmikan beberapa ruas Tol Trans-Jawa. Peresmian ini menandakan Jakarta dengan Surabaya tersambung via Tol Trans-Jawa.
 
Baca: Tol Trans Jawa Diyakini Mendorong Roda Perekonomian Jatim
 
Di Jawa Timur, Jokowi meresmikan ruas Ngawi-Kertosono (segmen Wilangan-Kertosono), Jombang-Mojokerto (seksi Bandar-Kertosono), relokasi Jalan Tol Porong-Gempol, dan Jalan Tol Gempol-Pasuruan (seksi Pasuruan-Grati). Ruas-ruas ini memiliki panjang 59 kilometer.
 
Di Jawa Tengah, Jokowi mengukuhkan ruas Pemalang-Batang (segmen simpang susun Pemalang-Pasekaran), Batang-Semarang (segmen Pasekaran-simpang susun Krapyak), dan Semarang-Solo (segmen Salatiga-Kartasura). Ruas-ruas ini memiliki panjang 142 kilometer.
 
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengungkapkan sebenarnya ruas Tol Trans Jawa akan membentang dari Merak hingga Banyuwangi, Jawa Timur, sepanjang 1.150 km. Namun, saat ini, jalan tol yang baru beroperasi sepanjang 933 km.
 

(DRI)
MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif