Ilustrasi. (FOTO: MI/Sumaryanto)
Ilustrasi. (FOTO: MI/Sumaryanto)

Bolehkah Tarik Tunai Kartu Kredit untuk Modal Usaha?

Ekonomi kartu kredit dunia usaha
Nia Deviyana • 18 Januari 2019 21:02
Jakarta: Kartu kredit, selain memberikan fasilitas untuk mencicil barang, juga memungkinkan penggunanya untuk meminjam uang dengan metode tarik tunai. Namun, tidak disarankan bagi Anda menggunakan dana ini untuk menambah modal usaha.
 
"Saya kurang sarankan (pakai kartu kredit untuk modal usaha) karena suku bunganya cukup tinggi. Selain itu kita juga tidak tahu kan, usahanya akan berhasil atau tidak," ujar Perencana Keuangan sekaligus Founder & Director ZAP Finance Prita H Ghozie dalam acara FinTax Fair di Menara Mandiri, Jakarta, Jumat, 18 Januari 2019.
 
Dana tunai dari kartu kredit, tambah Prita, hanya boleh digunakan sebagai dana talangan. Sebagai contoh Anda memiliki usaha sablon dan mendapat banyak pesanan, kemudian calon pembeli bersedia membayar di awal sehingga modal Anda kembali dengan cepat.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau seperti itu tidak apa-apa karena artinya uang pinjaman bisa dikembalikan tepat waktu," tambahnya.
 
Prita juga tidak menyarankan meminjam uang untuk modal usaha dari peer to peer lending karena bunga perusahaan fintech lebih tinggi dari bunga perbankan. Jangka waktu pengembalian pinjaman juga relatif lebih singkat.
 
Untuk menghindari risiko di awal memulai usaha, Prita lebih menyarankan Anda mencari permodalan lewat cara menggadai barang. Cara ini, kata dia, relatif lebih aman dan tidak berisiko.
 
"Kalau usahanya gagal, hanya barang Anda yang hilang. Tapi tidak ada kewajiban mengembalikan uang," pungkasnya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif