Ilustrasi (ANTARA FOTO/Embong Salampessy)
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Embong Salampessy)

Ikan Segar Jenis Momar Banjiri Pasar Ambon

Ekonomi ikan
Antara • 21 Juli 2015 13:44
medcom.id, Ambon: Masyarakat Kota Ambon masih terus membanjiri pasar ikan Arumbay di kawasan pasar tradisional Mardika, Kota Ambon. Hal ini tetap dilakukan meski telah memasuki hari terakhir libur Lebaran di 2015.
 
Di pasar ikan Arumbay, pedagang menawarkan ikan segar jenis momar sebesar Rp5.000 per tumpuk (10 ekor). Ada juga yang menawarkan Rp10.000 per tumpuk (22 ekor). Bahkan, ada pedagang yang menjual dengan sistem borongan tergantung ukuran ikan.
 
"Silakan ibu membeli tiga tumpuk ini dengan harga Rp25.000. Atau ibu mau beli yang mana terserah. Ini kesempatan ikan lagi murah harganya," kata Dullah, seorang pedagang yang menawarkan ikan dagangannya kepada seorang ibu, Selasa (21/7/2015).
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal ini terjadi kemungkinan dikarenakan masa panen ikan momar. Sebab, sudah satu minggu ini arus pasok dari nelayan asal Desa Latuhalat sangat lancar. Diperkirakan, ini yang menjadi harga ikan momar lebih murah.
 
"Sekarang lagi musim ikan momar di perairan Maluku. Saudara saya yang datang dari Pulau Saparua juga membawa ikan momar dan ukurannya lebih besar dari yang ada di pasar Ambon," Kata Sanny, ibu rumah tangga.
 
Dia menjelaskan, biasanya kalau terjadi perubahan, harga ikan bergerak turun diikuti oleh harga daging ayam beku dan harga telur. Namun yang terjadi masih tetap bertahan yakni harga ayam beku yang didatangkan dari Surabaya sebesar Rp27.000 per kilogram (kg), telur ayam ras Rp1.600 hingga Rp1.700 per butir dan daging sapi segar Rp85.000 per kg.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif