Soft launching New Corporate Portal Askrindo. (Foto: Istimewa)
Soft launching New Corporate Portal Askrindo. (Foto: Istimewa)

Askrindo Jawab Tantangan Digitalisasi Bisnis

Eko Nordiansyah • 21 Agustus 2019 22:28
Jakarta: PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo (Persero) melakukan soft launching New Corporate Portal Askrindo untuk menuju digitalisasi bisnis. Peluncuran portal korporasi ini juga merupakan jawaban atas tantangan digital dan memperkuat delivery platform Askrindo untuk bersaing pada industri 4.0.
 
Direktur Utama Askrindo, Andrianto Wahyu Adi mengemukakan bahwa soft launching new coroporate portal yang dilakukan hari ini telah menunjukkan bahwa Askrindo sebagai perusahaan asuransi telah siap bersaing di era digital.
 
"Kami berupaya terus menerus melakukan pengembangan dan inovasi terutama dalam hal digitalisasi, soft launching new corporate portal ini menandakan bahwa kami telah siap untuk bersaing di era industri 4.0 yang serba digital dan bergerak sangat cepat," ujarnya di Graha Askrindo, Jakarta, Rabu, 21 Agustus 2019.

Askrindo mengembangkan corporate portal yang dapat memberikan informasi terkait produk, manajemen, pencapaian, kegiatan dan ke depan juga akan menjadi salah satu digital channel untuk penjualan produk serta pengajuan klaim, selain aplikasi mobile Digiask yang sudah diimplementasikan.
 
Selain soft launcing new corporate portal, Askrindo juga memperkenalkan beberapa inovasi perusahaan dalam hal digitalisasi proses bisnis, seperti Askrindo Core System (ACS), Customer Relationship Management (CRM), serta Askrindo Internal Rating (AIR).
 
Andrianto menambahkan, ACS yang dimiliki Askrindo yakni, sistem berbasis web yang menunjang proses operasional bisnis asuransi pada askrindo yang mengakomodir proses akseptasi, klaim, subrogasi, reasuransi, dan keuangan.
 
"ACS adalah sebuah platform teknologi yang kita bentuk guna memudahkan customer bertransaksi, mulai dari transaksi polis hingga proses di keuangannya, semua akan dilakukan secara digital," ungkapnya.
 
Lebih lanjut dirinya memaparkan, ACS telah menggunakan teknologi terbaru dan mengusung konsep microservices yang akan memudahkan untuk diterapkan dan di-integrasi-kan pada aplikasi lainnya. Per Juli 2019, Askrindo sudah melakukan implementasi ACS untuk seluruh cabang Askrindo dan proses penyempurnaan akan terus dilakukan hingga pertengahan tahun 2020.
 
Jika sebelumnya proses pengajuan permohonan polis hingga terbitnya polis belum semua tersistemkan, kurangnya monitoring terhadap customer-customer yang pernah mengajukan akan tetapi ditolak masih dilakukan secara manual, serta masih menggunakan bentuk narasi yang berakibat terdapat perbedaan penilaian antara analis satu dan lainnya, saat ini, Askrindo telah memperkenalkan Askrindo Internal Rating (AIR).
 
"Berkat sistem Askrindo Internal Rating, kita telah menemukan solusi terkait analisa risiko kredit dan suretyship berbasis internal rating secara mudah dan lengkap sehingga kita dapat memonitoringnya lebih sistematis," jelas dia. 
 
Dalam bidang marketing, askrindo juga melakukan inovasi dan mengembangan sistem Customer Relationship Management (CRM), yakni sebuah sistem informasi terintegerasi yang digunakan untuk merencanakan, menjadwalkan dan mengendalikan aktivitas pra penjualan dan paska penjualan. CRM menjadi sebuah invoasi terbaru Askrindo dalam mewujudkan kegiatan marketing yang efektif dan efisien dengan berbasis aplikasi.
 
"Kami meyakini bahwa era digitalisasi khususnya di bidang Asuransi adalah sesuatu yang harus dijawab dengan perencanaan dan langkah-langkah yang cepat dan berkesinambungan untuk selalu dapat mendorong pertumbuhan bisnis. Askrindo juga memiliki tantangan untuk membangun ekosistem digital yang terintegrasi dengan pihak regulator, mitra perbankan, mitra asuransi lain, e-commerce, fintech, insurtech, nasabah prioritas dan mitra bisnis lainnya," pungkasnya.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(EKO)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan