Asuransi Jiwasraya. Foto : MI/RAMDANI.
Asuransi Jiwasraya. Foto : MI/RAMDANI.

Panja Jiwasraya Agar Fokus Pengembalian Uang Nasabah

Ekonomi Jiwasraya
Medcom • 20 Januari 2020 21:19
Jakarta: Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani sepakat dengan pembentukan Panja untuk menyelesaikan kasus Jiwasraya. Panja dibutuhkan agar pengungkapankasus Jiwasraya tidak semakin gaduh dan melebar.
 
"Kenapa kami lebih pilih Panja? Karena kami fokusnya ingin agar kasus ini tidak elemen politisnya dominan. Tujuan adalah pengembalian uang nasabah," kada Arsul di JakartaSenin, 20 Januari 2020.
 
Menurut Arsul, dengan Panja persoalan akan diuraikan secara efektif dan terbuka kepada publik. Arsul pun menilai, Pansus justru bikin gaduh. Serta hasil akhirnya tidak jelas.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami melihatnya kalau Pansus kan seringkali gaduhnya duluan muncul tapi output akhirnya enggak jelas. Jadi kita Panja, enggak tertutup sama sekali," ujar Arsul.
 
DPR batal membentuk panitia khusus (pansus) PT Asuransi Jiwasraya (Jiwasraya), dan PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ASABRI). Komisi terkait akan membentuk panitia kerja (panja).
 
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menjelaskan Komisi VI membentuk panja pengawasan BUMN dan supervisi kinerja Jiwasraya dan ASABRI. Sedangkan Komisi XI melakukan pengawasan dan supervisi terkait keuangan.
 
"Kita minta buat panja. Komisi III untuk mengawasi dan supervisi hal-hal yang telah dilakukan oleh Kejaksaan Agung kemarin," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 15 Januari 2020.
 
Menurut Dasco, panja lebih efektif mengusut kasus Jiwasraya dan ASABRI ketimbang pansus. Sebab, pembentukan panja lebih cepat.
 
Sejauh ini, baru Komisi VI DPR yang sepakat membentuk panja Jiwasraya. Sementara Komisi III masih menunggu hasil rapat dengar pendapat dengan Jaksa Agung hari ini, untuk selanjutnya menentukan sikap politik terkait Jiwasraya. Sedangkan Komisi XI belum bulat membentuk Panja.
 


 

(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif