Dorong Integrasi Ekonomi

ASEAN Bahas Harmonisasi Kebijakan Metrologi Legal

M Studio 25 Oktober 2018 17:48 WIB
Berita Kemendag
ASEAN Bahas Harmonisasi Kebijakan Metrologi Legal
Pertemuan ASEAN Consultative Committee for Standard and Quality (ACCSQ) Working Group on Metrology Legal (WG3) ke-30, di The Alana Hotel and Convention Centre Yogyakarta, Kamis, 25 Oktober 2018 (Foto:Dok.Kemendag)
Yogyakarta: Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Veri Anggrijono menyampaikan perlunya harmonisasi kebijakan di bidang metrologi legal antara negara-negara ASEAN. 

Upaya ini ditempuh melalui pertemuan ASEAN Consultative Committee for Standard and Quality (ACCSQ) Working Group on Metrology Legal (WG3) ke-30, di The Alana Hotel and Convention Centre Yogyakarta, Kamis, 25 Oktober 2018.

"Harmonisasi kebijakan dan penguatan kerja sama di bidang metrologi legal diperlukan negara-negara ASEAN untuk mendukung tercapainya perkembangan kegiatan metrologi legal dan integrasi ekonomi di kawasan ASEAN yang telah berlaku sejak 2015," kata Veri saat membuka pertemuan.

Isu yang dibahas dalam pertemuan tersebut yaitu pengembangan kebijakan teknis metrologi legal yang diterapkan di kawasan ASEAN, program pengembangan di bidang metrologi legal, dan pertukaran informasi antara negara-negara ASEAN.

"Harmonisasi kebijakan yang ingin dicapai tersebut terkait dengan harmonisasi prosedur dan persyaratan teknis dalam pelaksanaan kegiatan metrologi  legal yang meliputi pengujian tipe, tera/tera ulang dan pengawasan kemetrologian yang pada gilirannya akan mendorong tidak hanya untuk menciptakan perlindungan terhadap masyarakat ASEAN dalam hal pengukuran tetapi juga saling keberterimaan terhadap hasil pengukuran antara negara ASEAN," katanya.

Melalui pertemuan WG3, diharapkan negara-negara ASEAN bisa memberikan manfaat, tidak hanya dalam mendukung integrasi ekonomi di kawasan ASEAN, tetapi juga pengembangan metrologi legal di masing-masing negara ASEAN. "Dengan demikian, keputusan yang yang diambil dalam forum WG3 ini dapat memberikan kontribusi sosial dan ekonomi yang positif bagi masyarakat,” ucapnya.

Sidang ACCSQ WG3 ke-30 dihadiri 24 delegasi dari Indonesia, Thailand, Malaysia, Kamboja, Laos, Vietnam, Singapura, Filipina, Sekretariat ASEAN, serta Physikalisch-Technische Bundesanstalt (PTB) Jerman. 

Rangkaian penyelenggaraan Sidang ACCSQ WG3 ke-30 didahului penyelenggaraan Lokakarya ASEAN-PTB oleh Physikalisch-Technische Bundesanstalt (PTB) Jerman pada 23-24 Oktober 2018 di tempat yang sama dan dihadiri delegasi yang sama dengan Sidang ACCSQ WG3.



(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id