Walhi. Dok : Walhi.
Walhi. Dok : Walhi.

Walhi Minta Pemerintah Berlakukan Aturan Stop Impor Sampah

Ekonomi sampah
Nia Deviyana • 10 Juli 2019 20:31
Jakarta: Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Nurhidayati meminta pemerintah memberlakukan aturan stop impor sampah. Dia tidak memungkiri beberapa limbah masih digunakan perusahaan untuk kebutuhan industri. Nurhidayati meminta pemerintah membenahi pengelolaan sampah sehingga industri bisa memanfaatkannya tanpa harus mengimpor.
 
"Di Indonesia semua sampah masih tercampur aduk. Kalau pemerintah bisa melakukan pengolahan dengan lebih baik, misal dengan pemilahan, tentu kita punya bahan baku banyak untuk di-recycle, jadi tidak usah mengimpor lagi," ujar Nurhidayati usai mengisi diskusi di Kekini, Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, Rabu, 10 Juli 2019.
 
Berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 31 Tahun 2016 tentang Ketentuan Impor Limbah Non Bahan Beracun Berbahaya mengandung (B3), importir boleh mengimpor sampah asalkan tidak mengandung B3. Namun, Nurhidayati menilai kebijakan ini rentan disalahgunakan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Faktanya, banyak sampah B3 masuk melalui green line," imbuhnya.
 
Pernyataan Nurhidayati menanggapi kasus penyelundupan limbah bermuatan B3 di Batam, Kepulauan Riau, pada Juni 2019. Ditjen Bea Cukai Kementerian Keuangan mendapati adanya limbah B3 disusupkan masuk dalam kontainer yang berisi limbah non-B3.
 
"Pada saat pemeriksaan ada limbah B3 padahal dokumen persetujuan impor adalah non-B3," kata Kasi Humas Dirjen Bea Cukai Sudiro, belum lama ini. Setelah pelanggaran tersebut, Bea Cukai langsung memprosesnya untuk dikembalikan ke negara asal.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif