NEWSTICKER
Ilustrasi. Foto: dok MI.
Ilustrasi. Foto: dok MI.

Dongkrak Pariwisata

Pemerintah Beri Diskon Tiket Pesawat hingga 40%

Ekonomi bisnis maskapai kementerian perhubungan
Eko Nordiansyah • 24 Februari 2020 19:06
Jakarta: Pemerintah berencana memberikan potongan harga tiket pesawat demi mendongkrak pariwisata. Pasalnya sektor pariwisata menjadi salah yang paling terpukul akibat penyebaran virus korona yang berawal dari Wuhan Tiongkok.
 
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan penurunan harga tiket akan difokuskan untuk tujuan 10 destinasi pariwisata. Selain Bali, penurunan harga tiket pesawat di antaranya akan berlaku untuk Bintan dan Manado.
 
"Diberikan kepada penerbangan supaya dia mendiskon tiket. Antara 30 sampai 40 persen di 10 destinasi," kata dia ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Senin, 24 Februari 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya menambahkan, insentif diberikan pemerintah, pengelola bandara yakni PT Angkasa Pura I (Persero) dan PT Angkasa Pura II (Persero), maupun insentif berupa penurunan harga avtur. Ketiganya merupakan komponen penentu harga.
 
Baca juga: Beri Insentif Penerbangan, Menhub Usul Penurunan Harga Avtur
 
Menurut Budi, keputusan pemberian diskon maskapai ini akan diputuskan dalam sidang kabinet bersama dengan Presiden Joko Widodo. Dirinya berharap insentif ini bisa menggairahkan sektor pariwisata yang tengah menurun.
 
"Ini akan dikonsultasikan ke presiden besok atau lusa. Besok (Selasa, 25 Februari 2020) ditentukan di sidang kabinet," jelas dia.
 
Budi menjelaskan insentif rencananya akan diberikan selama tiga bulan ke depan sejak disetujuinya aturan ini oleh Presiden Jokowi. Namun jika dampak virus korona terhadap pariwisata berkepanjangan maka insentif akan disesuaikan.
 

 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif