Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D Hadad. (FOTO: MTVN/Angga Bratadharma)
Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D Hadad. (FOTO: MTVN/Angga Bratadharma)

OJK Klaim Sudah Ada Tabungan Tanpa Fee

Ekonomi menabung
Eko Nordiansyah • 31 Oktober 2016 15:36
medcom.id, Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut sudah ada tabungan tertentu yang tidak dikenakan fee (biaya). Salah satu tabungan yang tidak dikenakan biaya adalah tabungan Simpanan Pelajar (Simpel).
 
Hal ini menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo yang menyesalkan biaya administrasi tabungan di perbankan yang cukup tinggi. Saking tingginya biaya tersebut, malah menggerus akun tabungan perbankan masyarakat.
 
"Sebenarnya sudah kita penuhi (tabungan tanpa fee). Kalau Simpel sudah tidak ada (biaya)," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad usai melakukan kampanye "Ayo Menabung" di JCC, Senayan, Jakarta, Senin (31/10/2016).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Jokowi Sesalkan Tinginya Fee Tabungan Gerus Akun Perbankan Masyarakat
 
Muliaman menambahkan, dirinya telah menjelaskan kepada Presiden Jokowi jika Simpel atau tabungan yang berskala kecil tidak dikenakan biaya administrasi. Meskipun diakuinya bahwa ada tabungan-tabungan tertentu yang jumlah simpanannya besar masih dikenakan biaya administrasi.
 
"Malahan setoran (Simpel) bisa Rp5.000 dan sederhana sekali. Jadi kita sudah menjawab itu tapi belum semua produk. Tentu saja simpel untuk yang kecil-kecil, yang besar-besar kan budaya menabung deposito tentu saja terus berjalan. Saya tidak khawatir kan bank-bank nasional juga siap," jelas dia.
 
Dirinya menjelaskan, penghapusan biaya untuk tabungan mungkin saja diterapkan oleh perbankan untuk menarik minat masyarakat menabung. Tentunya Muliaman akan menyerahkan mekanisme ini ke masing-masing bank karena hal ini termasuk kompetisi antarbank.
 
"Ya itu diserahkan ke bank. Bank kan juga mengukur pola transaksi nasabahnya. Terus kemudian biaya menangani rekening itu, saya optimistis bisa (dihapuskan). Kalau mau laku tentunya harus banyak memberikan fasilitas-fasilitas bebas biaya adiministrasi, marketing," pungkasnya.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif