Sulut Ekspor Tepung Kelapa ke Selandia Baru
Ekspor. MI/RAMDANI.
Manado:  Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengekspor tepung kelapa ke Selandia Baru pada akhir Oktober 2018. Pada kali ini pengekspor telah mengirim tepung kelapa ke Selandia Baru sebanyak 12,7 ton dan mampu menghasilkan devisa bagi negara sebesar USD23.596.

"Selandia Baru sudah menjadi pasar utama penjualan produk turunan kelapa tersebut, karena hampir setiap bulan terjadi transaksi," kata Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut Darwin Muksin di Manado, dikutip dari Antara, Minggu, 4 November 2018.

Dia mengatakan pengekspor asal Sulut harus memanfaatkan kesempatan ini, karena pasar Selandia Baru sangat membutuhkan tepung kelapa tersebut. Ia menjelaskan tepung kelapa menjadi salah satu bahan makanan bagi masyarakat Selandia Baru maupun di industri makanan.
    
Darwin mengatakan kualitas produk harus tetap dijaga, jangan sampai mengecewakan pembeli. Menurut Darwin, pasar internasional sangat teliti akan kualitas produk apalagi bahan makanan. Selain itu, katanya, kuantitas dan waktu pengiriman harus sesuai dengan isi kontrak.
    
Pemerintah, katanya, akan terus memfasilitasi dan mencari pasar baru bagi pengekspor di Sulut. "Belum lama ini, semua produk ekspor Sulut dipamerkan dalam TEI 2018, dan mendapatkan sambutan hangat dari pembeli," jelas dia.



(SAW)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id