Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution. MI/Rommy Pujianto.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution. MI/Rommy Pujianto.

Penurunan Tiket Hanya untuk Maskapai Berbiaya Murah

Ekonomi Tarif Tiket Pesawat
Eko Nordiansyah • 20 Juni 2019 15:49
Jakarta: Pemerintah mengambil kebijakan penurunan harga tiket maskapai berbiaya murah atau low cost carrier (LCC) domestik untuk jadwal penerbangan tertentu. Sayangnya kebijakan ini tidak akan berlaku bagi maskapai yang menyediakan layanan full service.
 
"Kebijakan penurunan harga tiket penerbangan dari LCC. Yang levelnya bukan LCC silakan. Rakyat kan memang concern berkepentingan dengan yang LCC," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Kamis, 20 Juni 2019.
 
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan untuk penerbangan full service pemerintah telah menurunkan tarif batas atas (TBA) pada bulan lalu. Dengan demikian, pemerintah berharap tarif tiket pesawat bisa lebih murah.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Artinya penerbangan full service sudah tak bisa menerapkan dari (TBA) itu, kalau lebih ada sanksinya. Dan tidak ada yang melanggar itu, Garuda dan Batik khususnya," ungkap Budi.
 
Dirinya berharap seluruh pihak bisa membantu agar tarif tiket pesawat bisa lebih murah. Jika pembentukan biaya (cost) tiket pesawat bisa diturunkan, maka mimpi untuk mencapai tarif tiket pesawat murah bisa direalisasikan.
 
"Karena kita negara kepulauan saya berharap semua pihak mendukung kebijakan ini, baik Angkasa Pura (AP) I atau AP II, Airnav, dan seluruh pihak-pihak yang turut berkontribusi atas pembentukan cost tarif ini," jelas dia.
 
Sementara itu, Darmin berharap kebijakan ini bisa membuat masyarakat mendapatkan tarif tiket pesawat murah. Di sisi lain, pemerintah juga berharap keberlangsungan industri penerbangan bisa tetap berlanjut.
 
"Kita harap ini sudah bisa menjawab keinginan masyarakat untuk terbang dengan biaya terjangkau, tapi maskapai sustainabilitasnya juga tetap terjaga," pungkasnya.
 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif