Menhub Ingatkan Merpati Selesaikan Restrukturisasi

21 November 2018 10:13 WIB
merpati sekarat
Menhub Ingatkan Merpati Selesaikan Restrukturisasi
Menteri Perhubungan Budi Karya. (FOTO: Medcom.id/Desi Angriani)
Jakarta: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyambut baik PT Merpati Nusantara Airlines (persero) yang akan kembali membuka penerbangan ke wilayah Indonesia Timur dan berencana membuka rute ke luar negeri setelah sempat berhenti sejak 1 Februari 2014.

Menhub pun mengingatkan Merpati untuk berkirim surat setelah urusan internal selesai.

"Merpati belum kirim surat ke saya. Namun, sebagai payung, saya nyatakan kita welcome karena memang ruang-ruang itu masih ada. Ada potensi luar biasa bagi Merpati membuka lagi rute penerbangan ke arah timur, serta Indonesia bagian barat seperti Nias, Silangit, dan area Bengkulu," ujar Budi di Jakarta, Selasa, 20 November 2018.

Menhub juga menambahkan, Merpati harus menyelesaikan restrukturisasi dan memenuhi syarat-syarat keamanan dalam ketentuan industri aviasi.

Budi sebelumnya berpendapat sebelum beroperasi lagi, maskapai pelat merah tersebut harus menyehatkan keuangan perusahaan. Selain itu Merpati juga harus memiliki pesawat yang menjadi armada untuk diterbangkan.

"Jadi pasti jumlah pesawatnya harus tertentu ada yang harus dimiliki ada yang di-leasing," kata Budi pada Metro TV seperti dikutip Rabu, 14 November 2018.

Budi juga melanjutkan maskapai perintis di Tanah Air ini mesti membenahi struktur manajemen. Ia bilang struktur manajemennya harus dibuat ramping agar tidak menjadi beban operasional perusahaan.

"Merpati satu perusahaan lama saya berpesan organisasinya mesti ramping, kalau tidak ramping dia susah eksis. Manajemennya harus punya komposisi tertentu," tutur Budi. (Media Indonesia)

 



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id