Ilustrasi Mal di Jakarta. Foto: MI/Susanto
Ilustrasi Mal di Jakarta. Foto: MI/Susanto

Pusat Perbelanjaan di DKI Jakarta Lumpuh Akibat Banjir

Ekonomi banjir jakarta Jakarta Banjir
Ilham wibowo • 25 Februari 2020 11:23
Jakarta: Banjir yang melanda sejumlah wilayah di DKI Jakarta membuat pedagang di pusat perbelanjaan kembali merugi. Mal sepi usai hujan berintensitas tinggi menguyur kawasan Jabodetabek sejak Selasa dini hari, 25 Februari 2020.
 
"Pusat perbelanjaan sepi, karyawan banyak yang tidak bisa masuk karena akses jalan terputus," kata Ketua Umum Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budihardjo Iduansyah kepada Medcom.id, Selasa, 25 Februari 2020.
 
Budihardjo menuturkan kondisi banjir sangat tidak diharapkan terjadi di kawasan pusat bisnis. Apalagi kejadian berulang dalam hitungan bulan. Peristiwa banjir sebelumnya sempat melumpuhkan pusat perbelanjaan pada awal Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kemudian konsumen juga tidak bisa belanja karena akses yang terkena banjir," ujarnya.
 
Ia belum menghitung berapa banyak pusat perbelanjaan yang mesti menghentikan sementara aktivitas. Sejauh ini, khusus fasilitas mal kondisinya masih aman.
 
"Semua mal sementara tidak ada yang kemasukan air, hanya basement saja di parkiran mobil," ungkapnya.
 
Namun demikian, akses menuju pusat perbelanjaan yang terendam air cukup memberikan dampak negatif. Sebab, aktivitas bisnis hanya bisa berjalan saat terjadi transaksi masyarakat.
 
"Ini dampaknya luas ada di daerah Kelapa Gading, Daan Mogot, Gunung Sahari kemudian mal-mal di Sudirman juga kena. Saya harapkan jangan sampai seperti kondisi di awal Januari," tuturnya.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif