Pengusaha Tahir Jual USD hingga Rp2 Triliun
Dato Sri Tahir (Foto: Medcom.id/Husen Miftahudin)
Jakarta: Salah satu pengusaha terkaya Indonesia, Dato Sri Tahir menukarkan harta kekayaan pribadinya sebanyak USD93 juta dan SGD55 juta ke mata uang rupiah. Bila dirupiahkan, Bos Mayapada Group ini menukarkan atau menjualnya dolarnya ke mata uang rupiah senilai lebih dari Rp2 triliun.

"Dalam minggu yang lalu total kita telah menggantikan dolar sebanyak USD93 juta plus SGD55 juta. Ini pribadi, tidak ada kaitan dengan korporasi," kata Tahir, di Gedung Bank Indonesia (BI), Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin, 15 Oktober 2018.

Tahir bilang hasil penukaran valuta asing (valas) ke rupiah dimaksudkan untuk memperkuat permodalan Bank Mayapada. Di sisi lain, dia berharap, aksinya ini mampu memperkuat nilai tukar rupiah terhadap USD.

"Sekarang kita tahu bahwa rupiah ini dalam keadaan masih mencari posisi yang terbaik. Sebagai seorang warga negara, kebetulan kita juga sudah lakukan amnesti pajak. Jadi saya pikir daripada ditaruh di luar negeri, lebih baik kembalikan ke sini," bebernya.

Tahir telah melakukan aksi jual USD beberapa minggu sebelumnya. Pada hari ini, Tahir bertemu Gubernur BI Perry Warjiyo untuk memberi bukti penukaran dolar. Dia berharap para pengusaha ikut tergerak untuk segera menukarkan dolarnya ke rupiah. Ini agar mata uang Garuda bisa berjaya dan kembali pada posisi yang stabil.

"Sangat bisa (memperkuat rupiah). Saya kira kalau semua pengusaha mau bersatu, pasti bisa," pungkas Tahir.



(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id