BNI Dukung Transaksi Online Tiket Kapal dan Top Up Agen PELNI
Dirut PELNI Insan Purwarisya L Tobing (kanan) dan Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati (tengah), pada Launching PELNI Mobile Apps dan Sinergi BUMN Penandatangan MoU PELNI dan Himbara di Jakarta, Senin, 7 Mei 2018
Jakarta: PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) bekerja sama dengan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) (PELNI) untuk memberikan kemudahan transaksi bagi penumpang kapal laut dan Agen PELNI, serta menyediakan mesin Electronic Data Capture (EDC) Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). 

Penumpang kapal laut dapat membeli tiket secara online dan melakukan pembayaran melalui seluruh channel perbankan BNI. Para Agen PELNI juga diberikan kemudahan untuk top up deposit melalui BNI Virtual Account. 

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) terkait layanan jasa perbankan oleh Direktur Utama PELNI Insan Purwarisya L Tobing, dan Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati di Jakarta, Senin, 7 Mei 2018. 

Pada kesempatan yang sama, penyediaan EDC Himbara untuk PELNI ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) oleh Direktur Usaha Angkutan Kapal Penumpang dan Perintis PELNI O M Sodikin dan General Manager Divisi Hubungan Kelembagaan BNI G C Koen Yulianto. 

Selain itu, dilaksanakan pula penandatanganan PKS antara Direktur Usaha Angkutan Kapal Penumpang dan Perintis PELNI O M Sodikin dan Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati terkait layanan BNI e-Collection payment Agen PELNI melalui BNI Virtual Account dan EDC Himbara. 

Adi Sulistyowati menuturkan bahwa segala transaksi yang dilakukan oleh pengguna kapal laut maupun agen tercatat pada sistem PELNI secara online dan real time. Maka, dalam hitungan detik tiket penumpang akan langsung terbit dan deposit para Agen PELNI bertambah.

"BNI Virtual Account memungkinkan PELNI untuk memonitor transaksi yang dilakukan oleh pengguna kapal laut maupun Agen PELNI. Hal itu membuat proses pemantauan dan pelaporan transaksi yang dilakukan oleh PELNI menjadi lebih cepat dan mudah,” ujar Adi.

BNI Virtual Account yang terakomodir dalam platform BNI e-Collection memiliki keunggulan antara lain nama dan nomor Virtual Account sebagai nomor tujuan transfer dan identifikasi pelanggan/penyetoran serta akan muncul di rekening koran (account statement) setiap transaksi, penyetoran dapat dilakukan di berbagai channel BNI dan bank lain (kliring/RTGS/transfer antar Bank Online) baik dalam rupiah maupun valas, dan hasil transaksi dapat dilihat secara online melalui BNIDirect maupun portal BNI e-Collection. 

Selain itu, proses implementasi BNI Virtual Account singkat, tidak mengharuskan penyetor memiliki rekening di BNI, serta terintegrasi dengan sistem nasabah menggunakan API (Application Program Interface), file transfer, dan upload melalui portal.



(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id