Perhiasan Emas. ANTARAFOTO / Wahyu Putro A.
Perhiasan Emas. ANTARAFOTO / Wahyu Putro A.

Ponsel Cerdas Marak, Penjualan Perhiasan Emas Merosot

Ekonomi perhiasan
19 Januari 2016 17:37
medcom.id, Semarang: Asosiasi Pengusaha Emas dan Permata Indonesia (APEPI) Kota Semarang menyatakan penjualan perhiasan emas terus mengalami penurunan setiap tahun.
 
"Rata-rata penurunan omzet setiap tahun antara 3-5 persen," kata Ketua Apepi Kota Semarang Bambang Yuwono dikutip dari Antara, Selasa (19/1/2016).
 
Pihaknya menyatakan, penurunan sudah terjadi sejak beberapa waktu lalu seiring dengan maraknya ponsel cerdas dan gadget di kalangan anak muda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bahkan, akhir tahun yang dulunya berdampak pada peningkatan penjualan perhiasan, akhir-akhir ini sudah tidak lagi memberikan dampak yang sama," katanya.
 
Selain maraknya ponsel cerdas, faktor lain yang memberikan dampak pada penurunan penjualan tersebut adalah daya beli masyarakat yang cenderung menurun.
 
"Orang tentu lebih mengutamakan membelanjakan uang untuk kebutuhan primer, sedangkan perhiasan bukan merupakan kebutuhan primer," katanya.
 
Bahkan, penurunan harga emas yang sempat terjadi beberapa waktu lalu tidak berdampak pada kenaikan penjualan.
 
"Dua hari yang lalu harga emas sempat mencapai angka Rp470 ribu per gram, kalau sekarang kan sudah mencapai Rp488 ribu per gram. Penurunan beberapa waktu lalu tersebut nyatanya tidak berdampak pada kenaikan penjualan perhiasan," katanya.
 
Meski tidak banyak laku seperti beberapa tahun lalu, diakuinya pembeli perhiasan emas tetap masih ada.
 
"Kalau untuk kalangan menengah ke atas biasanya membeli yang kadar emasnya 75 persen yaitu dengan harga Rp425 ribu per gram, sedangkan untuk kalangan menengah ke bawah banyak yang membeli perhiasan yang berkadar emas 42persen dengan harga Rp240 ribu-Rp250 ribu per gram," katanya.
 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif