Perizinan Investasi Satu Pintu Diluncurkan Pekan Ini
Menko Perekonomian Darmin Nasution saat menjadi pembicara utama dalam pembukaan Munas Himpunan Alumni IPB ke-5 di Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (16/12). (Foto: Antara/Arif Firmansyah).
Jakarta: Pemerintah memastikan perizinan investasi satu pintu atau online single submission diluncurkan pekan ini. Seharusnya, sistem ini dirilis pada akhir Mei lalu.

"Jadi kita akan launching minggu ini. Kita akan cari waktu yang cocok dengan Presiden (Joko Widodo)," kata Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution di Kompleks Istana, Gambir, Jakarta Pusat, Senin, 4 Juni 2018.

Baca juga: Jokowi Desak Penerapan Online Single Submission

Menurut dia, peluncuran single submission tertunda lantaran struktur organisasi di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Di lembaga itu membutuhkan waktu enam bulan untuk menyiapkan satuan tugas (satgas) hingga tingkat kabupaten/kota.

Darmin menawarkan kepada Presiden agar single submission ditangani Kementerian Koordinator Perekonomian untuk sementara waktu. Bila satgas sudah siap, nantinya BKPM yang mengambil alih kendali sistem ini.

Sumber daya di Kementerian Koordinator Perekonomian dipastikan siap. Darmin mengaku akan memakai Indonesia National Single Window (INSW) untuk menjalankan single submission. Presiden, kata dia, sudah menyetujui skema ini. 

"Kita akan jalankan sementara," tekan Darmin.

Baca juga: Jokowi Ingin Pengurusan Izin Rampung dalam Hitungan Jam

Peluncuran single submission tertunda cukup lama. Dalam rencana awal, sistem yang ditujukan untuk mendorong percepatan pelaksanaan berusaha itu bakal diimplementasikan serentak pada April 2018.

Namun peluncurannya diundur hingga 20 Mei 2018 karena persiapan belum sempurna. Sayangnya hingga tanggal yang sudah ditetapkan itu, single submission tak juga diimplementasikan.



(HUS)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id