Kunjungan Delegasi IMF-WB Stimulus Ekonomi NTT
Ilustrasi (AFP PHOTO/Andrew CABALLERO-REYNOLDS)
Kupang: Pengamat Ekonomi James Adam menilai kehadiran wisatawan delegasi IMF-WB di Labuan Bajo, Manggarai Barat, sangat berdampak bagi ekonomi Nusa Tenggara Timur (NTT), khususnya bagi kabupaten setempat. Diharapkan momentum ini bisa terus dijaga di masa-masa mendatang.

"Untuk jangka pendek kunjungan delegasi IMF-WB berdampak positif sebab ada pemasukan bagi hotel, restoran, dan pelaku wisata selama mereka berkunjung," kata James, seperti dikutip dari Antara, di Kupang, Senin, 22 Oktober 2018.

Hal ini disampaikannya berkaitan dengan kunjungan delegasi IMF-WB ke Labuan Bajo, usai mengelar pertemuan di Nusa Dua Bali pada 8-14 Oktober lalu.

Selain itu, lanjut dia, dampak positif jangka panjang juga ada ketika wisatawan delegasi IMF-WB mengekspos kesan positif mereka selama berlibur di Labuan Bajo, baik kepada publik di negera mereka maupun kepada teman, rekan kerja, dan keluarga mereka.



"Kunjungan delegasi IMF-WB secara khusus akan memberikan nilai tambah bagi pariwisata Indonesia sebab tentu akan menjadi perhatian dari 189 negara peserta maupun negara lain yang tidak ikut dalam pertemuan tahunan tersebut," ungkapnya.

Adapun Pemerintah NTT, tambahnya, pasti mendapat keuntungan baik secara langsung maupun tidak langsung.  Paling tidak, kata dia, nama NTT mendunia dengan adanya kunjungan delegasi tersebut. Oleh karena itu, Pemda NTT harus mempromosikan secara mendunia objek wisata yang ada terutama Labuan Bajo dan Pulau Komodo.

"Agar setiap calon wisatawan baik secara individu dan kelompok dapat mengetahuinya," pungkasnya.

 



(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id