ASI 2019 dorong percepatan pengembangan bandara 4.0 di Tanah Air. Foto dok ASI 2019.
ASI 2019 dorong percepatan pengembangan bandara 4.0 di Tanah Air. Foto dok ASI 2019.

Mempercepat Pengembangan Bandara 4.0 di Tanah Air

Ekonomi bandara kementerian perhubungan
Ade Hapsari Lestarini • 04 Desember 2019 13:13
Jakarta:Ikatan Ahli Bandara Indonesia bersamaTarsus Indonesia menggelar pameran dan konferensi terkait infrastruktur bandara, Airport Solutions Indonesia (ASI) 2019. Agenda ini mengangkat tema "Implementation of Airport 4.0", sehingga menjadi agenda terkait kebandarudaraan pertama yang mendukung agenda pembangunan Pemerintah, selaras dengan era revolusi industri 4.0.
 
MenteriPerhubungan Budi Karya Sumadi dalam sambutan yang dibacakan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana Banguningsih Pramesti mengungkapkan dalam mewujudkan pelayanan transportasi udara yang selamat, aman, dan nyaman, diperlukan sarana dan prasarana serta fasilitas penunjang transportasi udara yang memenuhi standar. Serta tentunya disesuaikan dengan perkembangan teknologi yang sudah memasuki Revolusi Industri 4.0.
 
"Kementerian Perhubungan mendukung penyelenggaraan ASI 2019. Melalui kegiatan ini diharapkan tiap stakeholder di dalam ekosistem transportasi udara berperan aktif guna menjaring ide dan inovasi serta memetakan potensi dan hambatan guna mewujudkan implementasi Airport 4.0 (Smart Airport)," kata dia, di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu, 4 Desember 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


ASI 2019 dirancang khusus sebagai salah satu platform yang menyediakan beragam solusi inovatif dalam industri penerbangan dan kebandarudaraan, dengan menghadirkan beragam produk dan teknologi terbaru untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan serta kepuasan pelanggan bandara udara. Event ini dihadiri berbagai elemen industri penerbangan dan kebandarudaraan, baik pemerintah, otoritas penerbangan, operator bandara dan stakeholders terkait lainnya.
 
Penyelenggaraan ASI 2019 ini tidak dipungut biaya agar memudahkan berbagai komunitas
transportasi udara dan masyarakat umum untuk mengikuti perkembangan terkini dibidang
kebandarudaraan. ASI 2019 dikemas untuk mengakomodasi seluruh rantai bisnis industri airport solutions yang menghubungkan supplier dengan para pemangku kepentingan industri utama dan para pengambil keputusan, serta mempelajari beragam permasalahan industri penerbangan dan kebandarudaraan, sekaligus menemukan solusi dalam program konferensi yang inovatif.
 
Hal itu yang membuat acara ini bernilai penting bagi komunitas pengembang dan pengelola
bandar udara, karena fokus membahas secara menyeluruh segala hal yang dihadapi dalam
industri kebandarudaraan dan penerbangan di Tanah Air.
 
Ketua Umum IABI sekaligus Ketua Steering Comitee ASI 2019 Moh Ikhsan Tatangmemaparkan sebagai acara tahunan, ASI bertujuan untuk menjadi forum diskusi dalam mempercepat pengembangan bandara di seluruh Indonesia. Sesuai dengan latar belakang kebijakan pemerintah dalam mengembangkan industri dan infrastruktur bandara di Indonesia, forum ini kembalimenghadirkan upaya perencanaan strategis dari para pengambil keputusan di sektor publik, termasuk mendengarkan praktik terbaik Indonesia dan solusi inovasi dari para pemimpin
sektor swasta terkemuka tentang permintaan pasar untuk mendukung pertumbuhan ekonomi
di industri terkait.
 
"Pameran dan konferensi ASI 2019 akan berlangsung selama dua hari, dimana konferensi akan berfokus pada tren regional dan global, serta menampilkan beragam topik, berkaitan dengan isu keamanan, keselamatan, pengalaman pengelola bandar udara dan pengalaman pembangunan fasilitas bandar udara. Event ini terbuka untuk umum dari berbagai elemen, baik pihak swasta dan pemerintah serta seluruh elemen terkait dalam industri penerbangan dan bandar udara di Indonesia," jelasnya.
 
Pada2019 merupakan edisi ketujuh penyelenggaraan ASI di Indonesia. Pada tahun sebelumnya, penyelenggaraannya tergabung dalam Indonesia Infrastructure Week, serta Cyber Security Indonesia di 2017 dan 2018. Penyelenggaraan ASI 2019 kali ini digelar secara bersama dalam satu lokasi dengan event Health Technology Solutions (HTS) 2019, pada 4-5 December 2019 di Jakarta Convention Center (JCC).
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif