Direktur BTN Budi Satria (ketiga dari kanan). (FOTO: dok BTN)
Direktur BTN Budi Satria (ketiga dari kanan). (FOTO: dok BTN)

Sinergi BUMN Memperkuat Nilai Kebangsaan via SMN

Ekonomi btn kementerian bumn
Ade Hapsari Lestarini • 14 Agustus 2019 11:37
Bengkulu: PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menggelar serangkaian kegiatan dalam rangka program BUMN Hadir untuk Negeri (BHUN) di Provinsi Bengkulu dalam menyambut Hari Ulang Tahun ke 74 Kemerdekaan Republik Indonesia.BTN pun bersinergi dengan BUMN lain seperti Perum Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI), PT Pos Indonesia, dan Peruri.
 
Adapun salah satu kegiatannya yakni program Siswa Mengenal Nusantara (SMN). Program ini dimulai dengan mengundang ratusan siswa untuk mengikuti seleksi yang telah disiapkan. Siswa yang lolos dalam seleksi akan mewakili siswa di Bengkulu untuk diberangkatkan ke Nusa Tenggara Barat (NTB).
 
Program ini akan digelar selama sepekan di pulau seribu kubah sejak 13 Agustus hingga 20 Agustus 2019. Sementara siswa yang lulus seleksi di NTB akan mengikuti SMN di Bengkulu.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami mengapresiasi antusiasme dari para calon peserta SMN tahun ini. Apresiasi juga kami berikan kepada pemerintah daerah, pemerintah provinsi, para pengajar dan orangtua siswa yang telah mendukung para siswa untuk terlibat dalam program SMN. Kami harap, mereka pulang selain mendapatkan pengalaman baru, mereka juga dapat berbagi ilmu kepada teman-teman mereka di Bengkulu," kata Direktur BTN Budi Satria, di sela-sela acara pelepasan Siswa Mengenal Nusantara di Bengkulu, seperti dikutip dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 14 Agustus 2019.
 
SMN merupakan program tetap yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN sejak 2015 lalu, yang melibatkan Pemerintah Daerah setempat khususnya Dinas Pendidikan, dengan misi memperkuat nilai kebangsaan dan rasa cinta terhadap Tanah air. Sebanyak 23 siswa-siswi terpilih merupakan siswa dari kelas XI dari SMA, maupun SMK, dan dua di antaranya adalah siswa SLBN.
 
"Mereka yang terpilih telah melalui proses seleksi yang ketat dan berhasil memenuhi kriteria sebagai siswa berprestasi, berasal dari keluarga kurang mampu, memiliki kecakapan dalam bidang seni dan mudah bersosialisasi serta berbudi pekerti yang baik," tambah dia.
 
Dalam pengerahan kepada para siswa, Budi mengharapkan para siswa SMN dapat memanfaatkan kesempatan belajar dan menyerap ilmu sebaik-baiknya saat program SMN berlangsung baik dari mulai proses pembekalan, saat mereka mengunjungi berbagai situs sejarah, situs budaya, objek wisata dan pendidikan bela negara oleh TNI yang akan dilaksanakan di NTB nanti.
 
"Melalui program SMN ini, kami berharap para siswa bisa menjadi SDM yang unggul. Dalam SMN mereka diajari tentang pentingnya pengetahuan bernegara, mendalami Bhineka Tunggal Ika serta memahami nilai Pancasila secara langsung dengan mengenal kearifan lokal, nilai budaya, serta melihat potensi ekonomi dari daerah yang mereka kunjungi," tutur Budi.
 
Di NTB nanti, para siswa SMN akan meninjau langsung Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, serta mempelajari kehidupan khas suku Sasak di antaranya Desa Ende dan Desa Sade serta situs sejarah Taman Narmada. Sementara peserta SMN yang terpilih dari NTB akan mempelajari keanekaragaman adat istiadat, kekayaan alam dan nilai-nilai budaya di Bengkulu.
 
Para siswa-siswi SMN dari NTB sejak 2-9 Agustus lalu telah mengunjungi sejumlah tempat, di antaranya museum Bengkulu, wisata hutan Mangrove, kunjungan ke konservasi penyu dan mendapatkan pelatihan batik tulis serta melihat langsung pengolahan kopi dan teh di Kabupaten Kapahiang dan Rejang Lebong.
 
Selain SMN, BTN juga akan menggarap program bakti sosial sebagai bagian dari program BUMN Hadir untuk negeri dan upacara bendera 17 Agustus sebagai acara puncak. BTN juga akan mengadakan acara jalan sehat dan pasar murah bagi warga kota Bengkulu. Kehadiran BTN dalam Program BHUN sudah berlangsung dua kali, yaitu 2018 dan tahun ini.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif