Ilustrasi Bank Mandiri. Foto: dok MI.
Ilustrasi Bank Mandiri. Foto: dok MI.

Bankir Yakin Ekonomi Indonesia Tidak Terpengaruh Virus Korona

Ekonomi bank mandiri perbankan Virus Korona
Annisa ayu artanti • 05 Februari 2020 12:28
Jakarta: PT Bank Mandiri Tbk optimistis pertumbuhan ekonomi dan industri perbankan Indonesia tidak akan terpengaruh signifikan terhadap keberadaan virus korona yang membuat ekonomi dunia semakin bergejolak.
 
Direktur Utama Bank Mandiri Royke Tumilaar mengungkapkan pertumbuhan ekonomi global saat ini memang melambat karena keberadaan virus tersebut. Namun Indonesia masih bisa mempertahankan pertumbuhan ekonominya di level lima persen.
 
"Terkait dengan korona virus, kami tetap percaya pada pertumbuhan ekonomi Indonesia," kata Royke dalam acara Mandiri Investment Forum 2020 di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu, 5 Februari 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menjelaskan, di tengah kondisi ekonomi global saat ini, industri keuangan di Indonesia sepanjang 2019 tetap stabil. Terlihat dari rasio kecukupan modal atau Capital Adequacy Ratio (CAR) industri sebesar 23,7 persen per November 2019 dan rasio kredit bermasalah juga tercatat relatif stabil yang berada di posisi 2,77 persen.
 
"Kami percaya industri perbankan Indonesia akan terus membaik," sebut dia.
 
Menyinggung mengenai likuiditas perbankan, Royke menyebutkan likuiditas perbankan Indonesia juga jauh lebih baik berkat kebijakan moneter Bank Indonesia (BI) yang akomodatif.
 
"Likuiditas penting untuk sistem perbankan. Industri perbankan Indonesia akan berjalan baik dengan CAR, likuiditas, dan kebijakan yang baik," ucapnya.
 
Sementara terkait kinerja Bank Mandiri, Royke menyinggung sedikit mengenai pendapatan bunga bersih pada 2019 yang meningkat sembilan persen pada 2019.
 
Peningkatan tersebut disokong oleh ekspansi bisnis, pendapatan operasional yang stabil, peningkatan kualitas aset, serta efisiensi operasional perseroan.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif