Presiden Joko Widodo. (FOTO: Medcom.id/Husen Mifftahudin)
Presiden Joko Widodo. (FOTO: Medcom.id/Husen Mifftahudin)

Jokowi Lepas Ekspor Produk Mayora ke-250 Ribu Kontainer

Ekonomi ekspor-impor mayora indah
Husen Miftahudin • 18 Februari 2019 16:39
Tangerang: Presiden Joko Widodo menyaksikan pelepasan kontainer ekspor ke-250 ribu produk-produk Mayora Group. Pelepasan yang dilakukan Mayora sejalan dengan arahan Presiden dalam meningkatkan ekspor produk-produk Indonesia.
 
Dalam sambutannya, Jokowi menyebut produk-produk Mayora adalah poduk asli Indonesia. Ia berharap agar langkah Mayora diikuti perusahaan-perusahaan nasional untuk bisa meningkatkan investasi dan ekspor.
 
"Negara kita saat ini perlu dua hal untuk menjadi negara dengan ekonomi terbesar di ASEAN, yaitu investasi dan ekspornya harus besar. Kalau ini dilakukan, maka ekonomi kita juga akan besar," ujar Jokowi di pabrik Torabika, Cikupa, Kabupaten Tangerang, Senin, 18 Februari 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Presiden Direktur Mayora Group Andre Sukendra Atmadja menambahkan pelepasan kontainer ekspor ke-250 ribu ini menjadi bukti bahwa produk-produk Indonesia saat ini sudah dipandang di mata dunia. Bahkan beberapa produk seperti Torabika, Kopiko, Beng Beng, dan Danisa mampu menjadi pemimpin pasar mancanegara.
 
"Prestasi ini dapat dicapai berkat adanya dukungan dari Pemerintah Indonesia, dan Mayora berharap prestasi yang sudah dicapai saat ini dapat memberikan inspirasi dan pada akhirnya membuat kita semakin bangga sebagai Indonesia," ungkap Andre.
 
Baca juga: Mayora Targetkan Ekspor 2.000 Kontainer ke Rusia
 
Selain Jokowi, pelepasan kontainer ekspor ke-250 ribu produk-produk Mayora ini juga disaksikan oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita, Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto, serta 15 ribu mitra Mayora yang terdiri dari petani kopi dari Lampung, petani singkong, petani jagung, buruh pabrik, dan karyawan Mayora yang ada di Banten dan sekitarnya.
 
Sebagai perusahaan domestik, Mayora mampu bersaing di pasar global dengan kontribusi ekspor mencapai 50 persen dan meraup pejualan lebih dari Rp35 triliun. Saat ini Mayora sudah mengekspor produk dengan merek Indonesia ke lebih dari 100 negara, di antaranya ke Amerika Serikat, Rusia, Timur Tegah, Tiongkok, Filipina, Irak, Palestina, Lebanon, serta negara-negara Asia Tenggara.
 
Hampir seluruh produk Mayora memberdayakan bahan baku yang dipasok dari petani kopi dan singkong Indonesia. Mayora Group juga melakukan pembinaan terhadap 70 ribu petani kopi dan singkong agar mampu memproduksi hasil pertanian dengan kualitas yang baik.
 

 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif