Ilustrasi - - Foto: MI/Galih Pradipta.
Ilustrasi - - Foto: MI/Galih Pradipta.

Konsumen Menengah ke Bawah Dominasi Pembelian Mobil

Ekonomi adira dinamika multifinance kendaraan niaga
Nia Deviyana • 26 April 2019 21:50
Jakarta: Direktur Keuangan Adira Finance I Dewa Made mengungkapkan mayoritas pembeli kendaraan roda empat merupakan konsumen dari kalangan menengah ke bawah.Mobil dengan kisaran harga di bawah Rp200 juta menjadi yang laku di pasaran.
 
"Secara unit, penjualan terbanyak mobil dengan harga di bawah Rp200 juta. Persentasenya sampai 60 persen," ujar Made usai memaparkan kinerja perusahaan kuartal I-2019 di kawasan Gondangdia, Jakarta Pusat, Jumat, 26 April 2019.
 
Penjualan tertinggi kedua adalah mobil dengan rentang harga Rp250-Rp500 juta, yakni memiliki persentase 30 persen. "Sisanya, paling 10 persen yang membeli mobil mewah di atas Rp500 juta," tuturnya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada kuartal I-2019 Adira Finance membukukan penyaluran pembiayaan baru kendaraan sebesar Rp9,45 triliun. Angka ini naik 9 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
 
Secara keseluruhan, pembiayan mobil tumbuh 7 persen secara tahunan atau year on year (yoy) di kuartal I-2019 menjadi sebesar Rp4,18 triliun. Pembiayaan mobil baru tercatat sebesar 4 persen menjadi 2,36 triliun, sedangkan pembiayaan mobil bekas tumbuh 12 persen menjadi Rp1,82 triliun.
 
Mobil penumpang yang mendorong sebagian besar pembiayaan mobil tumbuh 10 persen. Sedangkan pembiayaan mobil komersial sebesar 2 persen
 
Sementara untuk penjualan sepeda motor Adira Finance tumbuh 12 persen menjadi Rp4,72 triliun pada kuartal I-2019. Pertumbuhan penjualan sepeda motor secara keseluruhan didorong jumlah sepeda motor baru sebesar 15 persen, yang sebagian besar dikontribusikan merek Honda dan Yamaha.
 
Sedangkan sepeda motor bekas tumbuh sebesar 7 persen (yoy) yang memberi kontribusi terhadap keseluruhan pertumbuhan.
 


 

(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif