Iklan TV  (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa).
Iklan TV (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa).

Kuartal I 2017,

Belanja Iklan Televisi Capai Rp22,78 Triliun

Arif Wicaksono • 23 April 2017 17:42
medcom.id, Jakarta: Hasil monitoring Adstensity menunjukkan bahwa pada kuartal I-2017, total belanja iklan di 13 stasiun TV nasional mencapai Rp22,78 triliun.
 
Dikutip dari keterangan tertulis PT Sugi Kaca Pariwara, Minggu 23 April 2017, pendapatan iklan terus naik dalam tiga bulan di kuartal I 2017. Pada bulan Januari 2017 total pendapatan iklan mencapai Rp6,65 triliun dan pada bulan Februari mengalami kenaikan pendapatan sebesar 10,85 persen dengan total pendapatan sebesar Rp7,37 triliun. Pada Maret 2017 pendapatan media mencapai Rp8,75 triliun, naik 18,78 persen dari bulan Februari 2017.
 
Namun, jika dibandingkan dengan kuartal I tahun 2016, pendapatan stasiun TV dari total belanja iklan justru mengalami penurunan. Di kuartal I 2016 total pendapatan media stasiun TV mencapai Rp22,92 triliun, yang berarti pada kuartal I 2017 mengalami penurunan sebesar 0,64 persen.

Masih sama dengan kuartal tahun lalu, pada kuartal I 2017 RCTI merupakan stasiun yang paling banyak mendapatkan pendapatan dari belanja iklan. Pada kuartal I 2017, RCTI  mengumpulkan total pendapatan hingga Rp3,37 triliun.
 
Sedangkan untuk peringkat kedua terjadi pergeseran, yang pada kuartal I tahun lalu ada stasiun televisi SCTV dengan pendapatan sebesar Rp3,2 trilun. Pada kuartal I tahun 2017, ANTV berada di peringkat kedua dengan total revenue mencapai Rp2,92 triliun, naik sebesar 21,63 persen dari tahun lalu yang berada di posisi ke-5 dalam jumlah pendapatan dari iklan televisi.
 
baca : Riset: Belanja Iklan TV Naik 33,52% di 2016
 
Selanjutnya SCTV turun keposisi ke-3 dengan pendapatan sebesar Rp2,94 triliun. Kemudian Indosiar dan MNC TV mendapat total revenue masing-masing sebesar Rp2,88 triliun dan Rp2,63 triliun.
 
Penurunan Iklan
 
Dari 13 stasiun TV, 7 stasiun TV mengalami penurunan pendapatan iklan televisi. Stasiun TV RCTI yang paling banyak mendapatan dari dana belanja iklan justru mengalami penurunan sebesar 0,11 persen di kuartal I 2017 dibandingkan dengan kuartal I 2016.
 
Stasiun yang mengalami penurunan pendapatan terbesar yakni TV One yang pendapatannya turun sebesar 44,34 persen. Sedangkan pendapatan dari iklan televisi yang paling banyak mengalami kenaikan adalah TVRI yang naik sebesar 293,64 persen, kemudian disusul oleh ANTV yang mengalami kenaikan sebesar 21,63 persen. Kenaikan pendapatan terbesar selanjutnya adalah Net TV naik sebesar 15,60 persen dan Indosiar mengalami kenaikan sebesar 12,95 persen.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(SAW)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan