CO Founder & Chief Marketing Officer Tiket.com Gaery Undarsa mengungkapkan, adanya fitur instastory dalam aplikasi Instagram dan kebiasaan meng-update foto membuat suatu objek wisata saat ini mudah sekali menjadi tren yang kemudian banyak masyarakat berbondong-bondong mengunjunginya. Alhasil, situs penyedia jasa travel lah yang ketiban untung.
"Trennya sekarang decision kita mau liburan kemana lihatnya dari instagram. Teman kemana lucu ya gambarnya bagus yang penting foto," ujar Gaery di kawasan Jakarta Pusat, Kamis, 21 Februari 2019.
Ia menyebutkan, adanya media sosial tersebut telah menaikan rata-rata transaski per orang dalam liburan. Tiket.com mencatat, pada tahun-tahun sebelumnya orang melakukan transaksi untuk kegiatan liburan hanya sekitar Rp800 ribu. Namun sekarang, berdasarkan data tahun lalu rata-rata orang melakukan transaksi mencapai Rp1,1 juta.
"Rata-rata pembelian orang naik dari Rp800 ribu jadi Rp1,1 juta," sebut dia.
Gaery mencontohkan, semenjak rilisnya film Ada Apa Dengan Cinta 2 yang syutingnya dilakukan di Gereja Ayam di Magelang dan beberapa kedai kopi di Yogyakarta membuat dua lokasi tersebut menjadi destinasi yang dicari masyarakat.
Lebih lanjut, katanya, untuk tahun ini Gaery menargetkan pertumbuhan transaksi Tiket.com memcapai tiga kali lipat dari pertumbuhan 2018 lalu.
"Tahun ini tumbuh sekitar tiga kali," sebut dia.
Adapun penyumbang pertumbuhan transaksi tersebut berasal dari transaski pemesanan tiket pesawat, booking hotel, dan tiket kereta api. Pada saat lebaran nanti, lanjut Gaery, kemungkinan akan terjadi peningkatan volume transaksi yang besar karena hampir berbarengan dengan libur anak sekolah.
"Karena lebaran mepet liburan anak jadi mepet ke liburan. Kebanyakan ke daerah Jogja, Surabaya, masih tetap Jawa," pungkas dia.
Calon Unicorn
Tiket.com juga menaksir valuasi perusahaan pada tahun ini bisa mencapai USD1 miliar atau Rp14,1 triliun atau sudah diatas valuasi mencapai batas minimal perusahaan menjadi perusahaan unicorn.
Secara teknikal dan perhitungan perusahaan, CO Founder & Chief Marketing Officer Tiket.com Gaery Undarsa mengatakan pada tahun ini perusahaan sudah menjadi unicorn.
"Kalau sesuai dengan target kita ya sudah pasti (bisa unicorn). Tapi anything can happen," kata Gaery.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News