Progres pekerjaan proyek LRT Jabodebek capai 59,64 persen. (FOTO: Medcom.id/Nia Deviyana)
Progres pekerjaan proyek LRT Jabodebek capai 59,64 persen. (FOTO: Medcom.id/Nia Deviyana)

Menilik Kendala Pembangunan LRT

Ekonomi adhi karya lrt proyek lrt
Nia Deviyana • 29 Maret 2019 19:01
Jakarta: Progres pekerjaan proyek Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodebek secara keseluruhan mencapai 59,64 persen hingga 22 Maret 2019.Rincian progres untuk lintas pelayanan 1 Cawang-Cibubur sebesar 79,69 persen, lintas pelayanan 2 Cawang-Kuningan-Dukuh Atas sebesar 47,95 persen, dan lintas pelayanan 3 Cawang-Bekasi Timur sebesar 53,84 persen.
 
Direktur Utama PT Adhi Karya Tbk (ADHI) Budi Harto menjelaskan progres lintas pelayanan 2 dan 3 relatif lebih lama dibandingkan lintas pelayanan 1.
 
"Untuk rute Cawang-Kuningan-Dukuh Atas kendalanya keramaian lalu lintas. Kami punya windows time dan waktu bekerja sangat sempit sekali. Tengah malam kadang masih ada keramaian," ujar Budi usai kegiatan longspan closure atau pengecoran terakhir di kawasan proyek LRT JORR, Jakarta, Jumat, 29 Maret 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Begitu juga untuk lintas pelayanan 2 dengan rute Cawang-Kuningan-Dukuh Atas, masih terkendala pembebasan lahan.
 
"Kita kendalanya pembebasan lahan di Bekasi Timur. Perlu 10 hektare (ha), dan sampai sekarang masih proses. Insyaallah dalam waktu tidak lama lagi akan kami selesaikan," tambah Budi yang menargetkan pembebasan lahan bisa rampung April.
 
Baca juga: Bentang Panjang JORR Lintas I LRT Jabodebek Terpanjang di Dunia
 
Pada kesempatan yang sama, Budi menjelaskan bahwa ADHI telah menyelesaikan pembangunan tiga longspan atau bentang panjang LRT Jabodebek Lintas Pelayanan 1. Tiga longspan tersebut yakni JORR, Cililitan, dan Cikoko.
 
Longspan merupakan bentang panjang untuk mengakomodir lokasi yang membutuhkan girder dengan panjang yang melebihi seharusnya. Misalnya jika suatu lintasan harus menyeberang dari satu jalan ke jalan lain, maka harus dibuat longspan,sehingga tidak mengganggu jalan yang sudah ada.
 
"Dengan telah selesainya pembangunan longspan tersebut, maka secara struktur proyek LRT Jabodebek Lintas Pelayanan 1 yang terbentang sepanjang 14.89 kilometer (km) dari Cibubur hingga Cawang telah tersambung," papar Budi.
 
Longspan JORR melintas di atas jalan tol JORR, Jalan Dukuh, dan Jalan Tol Jagorawi dengan struktur u-box girder. Budi menjelaskan longspan JORR memiliki panjang 54-90-54 meter dan merupakan longspan u-box girder terpanjang di dunia.
 
"Sebelumnya, longspan terpanjang dimiliki Dubai," kata Budi.
 
Selanjutnya longspan Cililitan, melintas di atas jalan tol Jagorawi dengan panjang 54-90-54 meter dengan struktur box girder. Kemudian longspan Cikoko yang merupakan bagian dari Lintas Pelayanan 2 Cawang-Kuningan-Dukuh Atas, membentang di atas jalur KRL di dekat Stasiun Cawang dan Jalan Cikoko Barat dengan panjang 54-90-54 m dan struktur box girder.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif