Longspan merupakan bentang panjang untuk mengakomodir lokasi yang membutuhkan girder dengan panjang yang melebihi seharusnya. Misalnya jika suatu lintasan harus menyeberang dari satu jalan ke jalan lain, maka harus dibuat long span sehingga tidak mengganggu jalan yang sudah ada.
"Dengan telah selesainya pembangunan Iongspan tersebut maka secara struktur proyek LRT Jabodebek Lintas Pelayanan 1 yang terbentang sepanjang 14.89 km dari Cibubur hingga Cawang telah tersambung," ujar Direktur Utama ADHI Budi Harto, usai kegiatan Iongspan closure atau pengecoran terakhir di kawasan proyek JORR, Jakarta, Jumat, 29 Maret 2019.
Longspan JORR melintas di atas Jalan Tol JORR, Jalan Dukuh, dan Jalan Tol Jagorawi dengan struktur u-box girder. Budi menjelaskan longspan JORR memiliki panjang 54-90-54 meter dan merupakan Iongspan u-box girder terpanjang di dunia.
"Sebelumnya, longspan terpanjang dimiliki Dubai," kata Budi.
Selanjutnya Iongspan Cililitan, melintas di atas Jalan Tol Jagorawi dengan panjang 54-90-54 meter dengan struktur box girder. Kemudian longspan Cikoko yang merupakan bagian dari Lintas Pelayanan 2 Cawang-Kuningan-Dukuh Atas, membentang di atas jalur KRL di dekat Stasiun Cawang dan Jalan Cikoko Barat dengan panjang 54-90-54 m dan struktur box girder.
Hingga 22 Maret 2019, progres pekerjaan LRT Jabodebek secara keseluruhan rata-rata mencapai 59.64 persen, dengan rincian progres untuk lintas pelayanan 1 Cawang-Cibubur sebesar 79.69 persen, lintas pelayanan 2 Cawang-Kuningan-Dukuh Atas sebesar 47.95 perse, dan lintas pelayanan 3 Cawang-Bekasi Timur sebesar 53.84 persen.
Pekerjaan pada Lintas Pelayanan I direncanakan selesai paling awal, dan akan menjadi sarana uji coba trainset kereta LRT Jabodebek produk PT Inka (Persero) yang ditargetkan datang pada akhir 2019.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News