Ilustrasi. Foto : MI/Adam Dwi.
Ilustrasi. Foto : MI/Adam Dwi.

Pemerintah Permudah Akses KUR untuk Kelompok Cluster

Ekonomi kur
Eko Nordiansyah • 12 November 2019 16:27
Jakarta: Pemerintah akan mempermudah akses penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) untuk kelompok yang ada dalam cluster-cluster tertentu. Penyaluran KUR dalam cluster dinilai lebih mudah, karena para debitur telah berkelompok membentuk usaha untuk satu komoditas.
 
"Kita dorong prioritas itu KUR cluster. Jadi sekali analisis bisa kena kelompok yang banyak," kata Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Selasa, 12 November 2019.
 
Wimboh menjelaskan KUR juga akan diarahkan untuk komoditas yang bisa mendorong ekspor dan substitusi barang impor. Sementara dari sistem cluster yang sudah ada ini bersifat integrasi antara hulu dan hilir.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dari produksi, pengolahan sampai ekspor. Komoditi unggulan kita banyak. Mulai dari perikanan tangkap, udang, pertanian, kelapa sawit, cengkeh, kopi. Jadi akan kita buat per komoditi," jelas dia.
 
Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian Iskandar Simorangkir menyebutkan penyaluran KUR melalui kelompok cluster lebih mudah. Menurut dia, biaya yang dikeluarkan bank jadi lebih murah dan menyalurkannya lebih gampang.
 
"Untungnya, itu kan overhead costnya jadi jauh lebih murah, kalau saya datang sendiri-sendiri saya kan mesti meneliti individu debitur, kan mahal. Coba bayangkan kalau satu kelompok ada 50 orang, serahkan saja ke ketua kelompoknya," pungkasnya.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif