Ketua Umum APPI, Suwandi Wiratno. MTVN/Eko Nordiansyah.
Ketua Umum APPI, Suwandi Wiratno. MTVN/Eko Nordiansyah.

APPI Bidik Pertumbuhan Aset 10% di 2016

Ekonomi multifinance
Eko Nordiansyah • 26 Januari 2016 13:58
medcom.id, Jakarta: Asosiasi Perusahaan Pembiayaan (APPI) membidik pertumbuhan aset di industri pembiayaan mampu tumbuh maksimal 10 persen di 2016.
 
"Kita harapkan 5-10 persen pertumbuhan untuk asetnya di tahun ini," ujar Ketua Umum APPI, Suwandi Wiratno, di Hotel Raffles, Jakarta Selatan, Selasa (26/1/2016).
 
Piutang pembiayaan juga ditargetkan mengalami pertumbuhan walaupun angkanya akan sedikit lebih rendah dibandingkan pertumbuhan aset. Sedangkan untuk laba, diproyeksikan kembali tumbuh setelah pada tahun kemarin mengalami penurunan hingga 12 persen.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau piutang pembiayaan dua sampai tiga persen di bawahnya. Laba mungkin kita harapkan sama seperti 2014 naik kurang lebih sembilan sampai 10 persen. Tahun kemarin turun 12 persen," jelas dia.
 
Dirinya menambahkan, untuk rasio pembiayaan bermasalah atau Non Performing Finance (NPF) ditaksir tidak akan tumbuh tinggi dibandingkan 2015. Bahkan, NPF cenderung akan terjaga jika tidak terjadi gejolak yang menyebabkan penurunan.
 
"NPF kita di 1,43 persen pada 2015. Kalau kita lihat dari bulan ke bulan itu angkanya 1,4 sampai 1,6 persen, jadi masih manageable. Harapan kita semoga di 2016 tidak ada geliat atau lonjakan di NPF," pungkasnya.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif