NEWSTICKER
Mantan Menteri BUMN Tanri Abeng - - Foto: Medcom/ Annisa Ayu
Mantan Menteri BUMN Tanri Abeng - - Foto: Medcom/ Annisa Ayu

Tanri Abeng Dukung Langkah Erick Likuidasi BUMN

Ekonomi bumn Erick Thohir
Suci Sedya Utami • 25 Februari 2020 20:13
Jakarta: Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Tanri Abeng mendukung langkah Erick Thohir untuk membersihkan perusahaan pelat merah. Langkah tersebut dianggap terobosan yang tepat.
 
Erick berencana menggabungkan atau merger hingga melikuidasi atau membubarkan induk, anak, cucu, hingga cicit perusahan BUMN yang sakit dan tidak memberikan manfaat nilai tambah.
 
"Saya kira itu sudah benar," kata Tanri ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Selasa, 25 Februari 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menyebut Kementerian BUMN semestinya mengurusi sesuatu yang bisa dikembangkan, bukan malah yang membuat beban bagi negara. Menurutnya, jika bisnis perusahaan tersebut berskala kecil, sebaiknya dikelola oleh swasta.
 
Menteri BUMN pertama ini percaya swasta lebih mampu mengembangkan usaha skala kecil tersebut ketimbang diurusi oleh BUMN yang fungsi dan tugasnya sudah sangat banyak serta menyita waktu.

 
"Divestasi saja ke swasta, mereka akan bisa mengelola lebih baik ketimbang dikelola oleh monster seperti kementerian atau superholding. Sudah benar pendekatannya," jelas menteri era Presiden kedua RI ini.
 
Adapun Erick Thohir masih menunggu aturan yang membolehkan pihaknya untuk melakukan merger dan melikuidasi perusahaan BUMN.
 
"Sedang diusulkan pada bapak presiden dan menteri keuangan untuk mandat tambahan kita bisa merger dan likuidasi," kata Erick.
 

(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif