Ilustrasi pedagang beras. (FOTO: Medcom.id)
Ilustrasi pedagang beras. (FOTO: Medcom.id)

Harga Beras Indonesia Murah Secara Ritel

Ekonomi harga beras harga daging
Eko Nordiansyah • 15 Februari 2019 15:27
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyebutkan harga beras di Indonesia secara ritel lebih murah. Menurutnya harga beras di Jepang jauh lebih mahal dibandingkan di dalam negeri.
 
"Coba saja beli beras di Jepang, kalau tidak harganya dua kali lipat dari kita," kata Darmin di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat, 15 Februari 2019.
 
Darmin menjelaskan harga beras Thailand di perdagangan internasional memang lebih murah dibandingkan Indonesia. Namun demikian, tidak benar jika dikatakan harga beras Indonesia termahal di dunia.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Harga kalau di ritel siapa bilang termahal? Tapi kalau di perdagangan internasional memang harga di Thailand itu murah, tapi itu tidak ada di internasionalnya," jelas dia.
 
Baca juga: Jokowi: Harga Daging dan Beras Indonesia Termasuk Murah
 
Sebelumnya Calon Presiden Nomor Urut 02 Prabowo Subianto menyebut harga beras dan daging di Indonesia yang tertinggi di dunia saat berkunjung ke Blora, Jawa Tengah. Namun, pernyataan Prabowo berbeda dengan data yang ada.
 
"Beras di Indonesia jadi salah satu tertinggi di dunia, demikian daging juga tertinggi di dunia. Daging ayam tertinggi di dunia. Salah satu yang tertinggi di dunia. Perjuangan kami adalah untuk kita perbaiki keadaan ini dengan segera," kata Prabowo di Blora, Jawa Tengah.
 
Baca juga: Pernyataan Prabowo Terkait Harga Beras Keliru
 
Berdasarkan laman Numbeo.com, situs penyaji data harga dari berbagai negara, harga beras di Indonesia menduduki peringkat 80 yakni senilai USD0,88 kilogram (setara Rp12.404). Harga beras di Indonesia lebih murah dibanding Thailand. Salah satu produsen beras di Asia Tenggara itu menduduki peringkat 52 dengan harga beras USD1,20 per kilogram (setara Rp16.925).
 
Harga beras paling mahal adalah Jepang, yakni seharga USD4.20 per kilogram (setara Rp59.362). Urutan berikutnya adalah Amerika seharga USD3.89 per kilogram (setara Rp54.981), Korea Selatan seharga USD3,68 per kilogram (setara Rp52.013), Taiwan (USD3.38 per kilogram, setara Rp47.772), dan Iran (USD3,18 per kilogram, setara Rp44.946).
 

 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif