Keindahan alam Labuan Bajo (Foto:Dok.Labuanbajoflores.com)
Keindahan alam Labuan Bajo (Foto:Dok.Labuanbajoflores.com)

Labuan Bajo Ditargetkan untuk Wisatawan Premium

Ekonomi pariwisata
Damar Iradat • 11 Juli 2019 01:35
Labuan Bajo: Pariwisata Labuan Bajo diproyeksikan bakal menyasar pasar premium. Oleh karena itu, Labuan Bajo harus dibenahi untuk menarik wisatawan.
 
"Segmentasi yang mau kita ambil di sini beda. Segmentasi yang premium," kata Presiden Joko Widodo di Labuan Bajo, Rabu, 10 Juli 2019.
 
Gubernur Nusa Tenggara Timur Victor B. Laiskodat dalam kesempatan berbeda menambahkan jumlah wisatawan yang diharapkan ke Labuan Bajo hanya 100 ribu per tahun. Namun, 100 ribu wisatawan itu diharapkan mengeluarkan USD5.000 setiap kunjungan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena kita harapkan, yang datang sedikit, tapi yang datang membuang USD5.000. Kalau 100 ribu itu berarti USD500 juta setiap tahun," ujar Victor.
 
Oleh karena itu, nantinya Pemprov NTT juga hanya akan memberikan izin pembangunan hotel bintang tiga ke atas untuk para pengusaha. Sementara, hotel bintang satu dan hotel melati diserahkan ke warga untuk mengelolanya.
 
Hal ini, kata dia, juga untuk membantu meningkatkan perekonomian warga. Sebab, kata dia, keuntungan dari pariwisata di Labuan Bajo.
 
"Semua itu akan menjadi rantai nilai pariwisata yang akan meningkatkan kualitas kehidupan masyarkat di Labuan Bajo dan sekitarnya," tutur Victor.
 
Politikus Partai NasDem itu melanjutkan, nantinya, untuk mewujudkan hal tersebut, Pemprov akan memberikan pendampingan kepada masyarakat. Sehingga masyarakat bisa mampu mengelola sendiri.
 
"Kami dari pemprov akan masuk juga, agar masyarakat mampu menyiapkan rumahnya sebagai tempat untuk menerima tamu untuk kelas-kelas di bawah," jelas dia.
 

(SCI)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif