Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Medcom/Annisa Ayu.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Medcom/Annisa Ayu.

Menhub Bakal Beri Sanksi bagi Pilot Makar

Ekonomi menhub
Suci Sedya Utami • 20 Mei 2019 19:56
Jakarta: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan bakal memberikan sanksi pada pilot yang berusaha mencoba untuk menyebarkan ujaran kebencian di media sosial.
 
Budi mengatakan akan ada evaluasi dari tim di jajarannya terkait tindakan yang dilakukan oleh pilot tersebut. Hasil evaluasi tersebut akan dilaporkan pada dirinya sebagai rekomendasi untuk mengambil keputusan.
 
"Sanksinya nanti saya akan lihat, tentu ada tim yang akan membahas dan rekomendasi itu yang saya ambil. Karena sanksi ini dikaitkan dengan apa yang dilakukan, bagaimana tim itu mengevaluasi," kata Budi ditemui di Kominfo, Jakarta Pusat, Senin, 20 Mei 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Budi mengimbau ada para pilot untuk tidak melakukan tindakan makar. Budi meminta agar para pilot bekerja secara profesional untuk melayani masyarakat dan menjauhi perilaku yang tidak berkaitan dengan tugas sebagai pelayan publik.
 
"Saya menghimbau pilot untuk tidak masuk dalam ranah seperti itu. Kita profesional, lakukan lah sesuai dengan profesi kita. Tidak dikait-kaitkan dengan hal lain," tutur dia.
 
Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II ini juga mendukung upaya yang telah dilakukan pihak kepolisian untuk menangkap dan mengintrogasi pilot tersebut agar tidak terjadi risiko yang lebih lanjut.
 
Sebelumnya Polres Jakarta Barat mengamankan seorang pilot salah satu maskapai penerbangan lantaran diduga menyebarkan ujaran kebencian di media sosial. Pilot berinisial IR tersebut diduga menyebarkan pesan yang menyesatkan dan ajakan perlawanan.
 
"Benar kami telah menangkap seorang pilot yang menyebarkan ujaran kebencian di media sosial dan melanggar UU ITE. Pelaku berinisial IR kedapatan menyebarkan pesan yang bermuatan ujaran kebencian atau hate speech secara masif dan menyesatkan melalui akun Facebook IR," kata Kasatreskrim Polres Jakarta Barat AKBP Edy Suranta Sitepu, kemarin.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif