Ilustrasi. FOTO: dok MI.
Ilustrasi. FOTO: dok MI.

Banjir Jakarta

60 Toko Ritel Tetap Buka di Jakarta

Ekonomi ritel Jakarta Banjir
Ilham wibowo • 03 Januari 2020 14:13
Jakarta: Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Mandey memastikan pihaknya bakal segera membuka toko setelah banjir surut. Langkah cepat dilakukan untuk mengakomodasi kebutuhan konsumsi masyarakat.
 
"Pagi ini kami pantau toko di Jakarta yang buka baru 20 persen atau sekitar 60 toko," kata Roy kepada Medcom.id, Jumat, 3 Januari 2020.
 
Dari catatan Aprindo, banjir sejak 1 Januari melumpuhkan 300 toko ritel di wilayah Jakarta dan 200 toko ritel lainnnya di wilayah penyangga yakni Tangerang dan Bekasi. Kerugian dari hilangnya transaksi konsumen ini diperkirakan lebih dari Rp1,25 triliun.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Daerah yang masih tutup di data kami itu ada di kawasan Daan Mogot, Joglo, Ciledug, kemudian Cipinang. Kalau yang mulai surut itu daerah kemang kemudian beberapa di daerah Jaktim seperti Pulomas dan Kelapa Gading," paparnya.
 
Aktivitas perdagangan ritel sempat lumpuh total selama dua hari. Selain konsumen, karyawan toko juga menjadi korban banjir dan akses yang sulit menuju toko dan pusat perbelanjaan.
 
"Kami pastikan hampir sekitar 60 toko yang akan kami buka hari ini karena memang kami harus hadir di tengah masyarakat memenuhi kebutuhan mereka, tetapi masih banyak juga yang terkendala karena terendam dan mereka mau masuk saja masih tergenang tokonya," tuturnya.
 
Nilai kerugian perusahaan ritel bisa lebih besar dari hitungan yang ada saat ini. Roy menuturkan barang di toko yang telah terendam air perlu diganti lantaran tidak layak untuk dijual. Perusahaan ritel juga perlu memperbaiki aset terutama peralatan elektronik seperti kulkas dan mesin kasir.
 
"Barang rusak harus kami ganti dulu, kemudian cash elektronik harus kami perbaiki, ini akan makan waktu walaupun sudah surut, butuh waktu untuk kami mengembalikan lagi seperti normal," ucapnya.
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif