Menhub Budi Karya Sumadi ANT/Wahyu Putro.
Menhub Budi Karya Sumadi ANT/Wahyu Putro.

Menhub Tinjau Langsung Perlintasan Kereta Api di Cirebon

Ekonomi menhub
Dian Ihsan Siregar • 25 Februari 2018 13:32
Jakarta: Sungai Cisanggarung, Cirebon, meluap beberapa hari lalu. Pada akhirnya mengakibatkan banjir dan meredam jalur lintas selatan kereta. Sehingga bantalan rel menggantung, akibat material batu penahan rel terbawa arus.
 
Adanya kejadian itu, ‎Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bakal meninjau langsung luapan air di Sungai Cisanggarung. Hal itu menyusul lumpuhnya jalur kereta api di Cirebon, akibat adanya luapan air dari sungai tersebut.
 
Soal luapan sungai Cisanggarung, Budi baru mengetahui informasinya dari media massa. Dari rencana yang ada, mantan Dirut AP II akan akan meninjau langsung lokasi tersebut pada siang ini.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


‎"Saya baru baca dari media. Nanti saya siang ini ke sana," kata Budi ‎di kawasan Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Minggu, 25 Februari 2018.
 
Budi ingin melihat langsung kondisi sungai dan perlintasan rel kereta api yang terendam akibat luapan sungai terebut. Setelah itu, Budi bakal berkomunikasi dengan kementerian atau lembaga terkait dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di Cirebon.
 
"Yang saya tinjau soal dua hal. Saya akan lihat sungai itu bagaimana dan mekanisme yang terjadi. Setelah saya tahu yang terjadi, saya akan koordinasi dengan kementerian yang terkait," pungkas dia.
 
Sebelumnya, Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) II Bandung Joni Martinus mengatakan jadwal kereta berjalan normal, terutama kereta-kereta yang menuju arah Cirebon, Semarang, dan Surabaya Pasarturi.
 
"Dari Daop II ada dua kereta yang melintas ke wilayah Cirebon yaitu KA Ciremai Ekspress dan KA Harina. Sejauh ini masih sesuai jadwal. Namun kami tetap siaga dan mengantisipasi kemungkinan ada keterlambatan kedatangan kereta Ciremai dari arah Cirebon menuju Bandung pada malam ini," ungkap Joni.
 
Joni menuturkan, Berkaitan dengan kondisi curah hujan yang intensitasnya meninggi, seluruh personel PT KAI disiagakan guna memantau terus kondisi jalur kereta api."Kita optimalkan seluruh jajaran, agar terus melakukan pantauan dan berkoordinasi secara cepat ketika terjadi bencana," kata Joni.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif