Illustrasi. MI/BENNY BASTIANDY.
Illustrasi. MI/BENNY BASTIANDY.

Kemendag Siap Kendalikan Harga Cabai Lewat Operasi Pasar

Ekonomi harga cabai kementerian perdagangan
Husen Miftahudin • 17 Juli 2019 15:10
Jakarta: Kementerian Perdagangan (Kemendag) bakal mengendalikan lonjakan harga cabai melalui operasi pasar. Beberapa hari terakhir harga cabai di sejumlah daerah kian 'memanas' akibat berkurangnya pasokan.
 
"Kalau ada (pasokan cabai), tentu saja kita akan perintahkan kepada pedagang cabai untuk menurunkan harga dengan operasi pasar," kata Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Tjahja Widayanti di kantor Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng Timur, Jakarta Pusat, Rabu, 17 Juli 2019.
 
Menurut Tjahja, lonjakan harga cabai disebabkan oleh faktor pasokan dan permintaan. Namun, ia mengaku belum mendapat data lengkap dari Ditjen Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) soal penyebab tingginya harga cabai.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya masih berupaya gimana caranya ini karena saya tadi sudah minta data ke Ditjen Hortikultura. Belum dapat (datanya) nih," ungkap dia.
 
Tjahja juga belum mendapat informasi soal jumlah pasokan dan permintaan cabai. Bila pasokannya ada, pihaknya segera melakukan pengendalian harga lewat operasi pasar.
 
"Kalau operasi pasar kan kita harus tahu ada barangnya atau enggak. Kalau kita punya kebijakan operasi pasar tapi enggak ada barangnya gimana," tukasnya.
 
Harga cabai di berbagai daerah mulai merangkak naik. Di Tangerang Selatan misalnya, harga komoditas pangan bercita rasa pedas itu sudah menyentuh Rp80 ribu per kilogram (kg). Padahal pasca-Lebaran harganya hanya Rp40 ribu per kg.
 
Hal yang serupa terjadi di sejumlah pasar di Banyumas, Jawa Tengah. Harga seluruh jenis cabai merangkak naik. Di pasar Wage, Purwokerto, harga cabai merah keriting mencapai Rp60 ribu per kg atau naik dari sebelumnya Rp55 ribu per kg.
 
Cabai hijau juga naik menjadi Rp50 ribu per kg dari sebelumnya Rp48 ribu per kg. Untuk cabai rawit merah menyentuh Rp40 ribu per kg dari Rp36 ribu sebelumnya.
 
Kenaikan harga cabai di sejumlah daerah diduga akibat dari berkurangnya pasokan. Kemarau menjadi penyebab utama produksi di sentra-sentra penghasil cabai melempem.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif