Presiden Direktur L'Oréal Indonesia Umesh Phadke mengatakan setelah lebih dari 38 tahun mengembangkan industri kecantikan di Indonesia, L'Oréal menekankan komitmennya untuk terus mendukung pertumbuhan industri kecantikan, terutama pada kategori perawatan kulit, perawatan rambut dan tata rias.
"Tingginya indeks kepercayaan konsumen untuk melakukan pembelian serta didukung oleh peningkatan kesadaran akan tren kecantikan dan perawatan diri melalui internet dan media lainnya, telah menjadikan perawatan kecantikan sebagai bagian penting dari rutinitas masyarakat sehari-hari baik perempuan maupun laki-laki," papar dia dalam siaran persnya, Sabtu 29 April 2017.
Baca: Industri Kecantikan Berpotensi Tuntaskan Masalah Kemiskinan
Dia menambahkan, pertumbuhan konsumen sebesar rata-rata 3 juta orang setiap tahunnya menjadikan industri kecantikan sangat menjanjikan kini dan seterusnya. Untuk itu L'Oréal menempatkan Indonesia pangsa prioritas di Asia bersama Tiongkok dan India.
Umesh menjelaskan, pertumbuhan industri kecantikan didorong antara lain oleh kontribusi tiga kategori besar, yaitu tata rias sekitar 10 persen, perawatan rambut sekitar 37 persen, dan perawatan kulit sekitar 32 persen. Adapun dari seluruh jalur distribusi di pasaran, 87 persen masih didorong oleh jalur ritel berskala massa seperti minimarket, supermarket, hypermarket, toko khusus perawatan pribadi, dan ritel modern.
"Perilaku unik konsumen di Indonesia yang sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti budaya, cuaca, konsumsi makanan serta populasi generasi muda juga membuat industri kecantikan semakin menggeliat," jelas dia.
Data Badan Pusat Statistik (BPS) 2015 menunjukkan jumlah milenial berusia 18-30 tahun di Indonesia mencapai 24 persen dari keseluruhan populasi. Milenial sehari-hari berkomunikasi melalui media sosial dan telah menciptakan tren baru melalui digitalisasi. Fenomena munculnya selebritas baru di bidang kecantikan yang berpengaruh di media sosial atau lebih sering disebut sebagai beauty influencer telah turut pula mendorong kemajuan industri kecantikan.
"Sebagai perusahaan kecantikan #1 di dunia, L'Oréal berkomitmen untuk terus mendorong pertumbuhan industri kecantikan di Indonesia melalui inovasi, digitalisasi, edukasi dan sumber daya manusia (SDM). Komitmen ini sesuai dengan misi L'Oréal secara global untuk memberikan kecantikan bagi semua (beauty for all)," lanjut Umesh.
Perseroan pun mengusung empat komitmen untuk mencapai langkah tersebut yakni inovasi, digitalisasi, edukasi, dan sumber daya manusia (SDM).
"L'Oréal yakin dengan konsisten menjalankan strategi ini, kami akan kembali melampaui angka pertumbuhan pasar kecantikan di Indonesia, dapat terus menjadikan pasar ini sebagai motor pertumbuhan L'Oréal di Asia Pasifik, dan dapat mencapai visi menjadi perusahaan kecantikan nomor satu di negeri ini," tutup Umesh.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News