Ilustrasi. (FOTO: MI/Angga Yuniar)
Ilustrasi. (FOTO: MI/Angga Yuniar)

Bank Mandiri Bakal Dirikan Kantor Cabang Penuh di Malaysia

Eko Nordiansyah • 06 Juli 2017 18:56
medcom.id, Jakarta: PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mengumumkan rencana pendirian kantor cabang penuh, Bank Mandiri Berhad, di Malaysia setelah mendapat lisensi Qualified ASEAN Bank (QAB). Rencananya kantor tersebut akan mulai beroperasi pada akhir 2017.
 
Rencana pendirian Bank Mandiri Berhad disampaikan Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo di Kuala Lumpur. Pengumuman disampaikan dengan didampingi Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad dan Gubernur Bank Negara Malaysia (BNM) Dato' Muhammad Ibrahim.
 
Kartika mengemukakan, kegiatan bisnis Indonesia telah tersebar di seluruh ASEAN. Perkembangan positif ini, menurut Kartika, sebagai salah satu yang mendorong Bank Mandiri perlu hadir di Malaysia.

"Sebagai bank berlisensi QAB, kami akan beroperasi di Kuala Lumpur untuk mendukung kegiatan bisnis," kata dia dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis 6 Juli 2017.
 
Untuk membuka cabang penuh di Malaysia, Bank Mandiri menyiapkan modal sebesar RM300 juta. Bahkan perseroan sudah memulainya dengan injeksi modal sebesar RM50 juta dan jumlah ini akan terus ditambah secara bertahap.
 
Sementara itu, Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D. Hadad menilai jika Bank Mandiri merupakan bank pertama ysang mendapat lisensi QAB. Dengan lisensi tersebut, bank milik pemerintah ini akan diperlakukan setara dengan bank-bank lokal yang beroperasi di Malaysia.
 
"Kami sangat menghargai otoritas perbankan Malaysia yang mendukung kehadiran bank dari Indonesia ini. Indonesia pun telah memperlakukan bank-bank Malaysia seperti milik sendiri. Ini merupakan langkah maju yang dapat memperkuat hubungan Indonesia dan Malaysia," Kata Muliaman.
 
Pembukaan layanan oleh Bank Mandiri ini, merupakan layanan perbankan penuh pertama bagi Bank Mandiri di luar wilayah Indonesia. Bank Mandiri juga menjadi bank pertama yang mendapat lisensi Qualified ASEAN Bank (QAB) sehingga diharapkan ke depannya perbankan Indonesia diharapkan lebih maju lagi.
 
"Sebagai perwujudan komitmen Bank Mandiri untuk menjadi ASEAN prominent bank, maka Bank Mandiri berencana untuk terus meningkatkan jaringan luar negerinya. Bank Mandiri juga sedang menjajaki perluasan jaringan di beberapa negara ASEAN yaitu Malaysia, Myanmar dan Phillipine," lanjut Tiko.
 
Saat ini Bank Mandiri telah memiliki tujuh kantor luar negeri yang terdiri dari lima cabang di Cayman Islands, Dilli Timor Leste, Hong Kong, Shanghai dan Singapura, serta dua anak perusahaan yaitu Bank Mandiri Europe Limited di London dan Mandiri International Remittance di Malaysia.
 
Di Malaysia sendiri, Bank Mandiri telah memiliki presence sejak 2009 berupa Mandiri International Remittance (MIR) yang bergerak di jasa pengiriman uang. Saat ini MIR telah memiliki 13 outlets yang tersebar di beberapa lokasi dan melayani Pekerja Migran Indonesia serta beberapa perusahaan di Malaysia.
 
Bank Mandiri telah ditunjuk oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai kandidat Qualified ASEAN Bank (QAB) dari Indonesia untuk Malaysia pada 22 Mei 2017. Pada tahap awal, Mandiri mengoperasikan dua cabang yang melayani bisnis wholesales maupun retail banking.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(AHL)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan