Presiden Joko Widodo kampanye ayo menabung. (FOTO: MTVN/Husen Miftahudin)
Presiden Joko Widodo kampanye ayo menabung. (FOTO: MTVN/Husen Miftahudin)

Jokowi: Masih Ada Orang Indonesia Menabung di Bawah Bantal hingga Rp1 Triliun

Ekonomi menabung
Husen Miftahudin • 31 Oktober 2016 10:48
medcom.id, Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau agar masyarakat Indonesia untuk gemar dan rajin menabung di berbagai produk dan jasa keuangan sejak dini. Sebab dengan peningkatan budaya menabung, maka dapat membantu dan mendukung pula pembiayaan pembangunan nasional.
 
Bukan tanpa alasan Jokowi mengimbau agar masyarakat Indonesia gemar menabung, sebab rasio saving (tabungan dari dana pihak ketiga) terhadap pertumbuhan ekonomi/PDB masih relatif rendah. Rasio saving terhadap PDB di Indonesia hanya sekitar 31 persen.
 
Jika dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya, Indonesia masih jauh tertinggal. Sebab rasio saving to GDP Filipina sudah sebesar 46 persen, Singapura 49 persen, Tiongkok sebanyak 49 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Ada yang Menabung di Bawah Bantal, MAMI Bidik Investor Remaja
 
Bahkan rendahnya gerakan menabung masyarakat Indonesia terlihat dari masih adanya masyarakat yang menabung di bawah bantal. Tak tanggung-tanggung, dia mendapat informasi bahwa ada masyarakat yang menabung di bawah bantal sampai Rp1 triliun.
 
"Ternyata masih banyak masyarakat kita yang menyimpan uang di bawah bantal, di bawah kasur. Saya mendapat informasi bahwa ada yang menyimpan uang di bawah bantal itu capai Rp1 triliun," ujar Jokowi dalam acara 'Ayo Menabung', di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, Senin (31/10/2016).
 
Baca: Waspadai Kemungkinan Keraguan Investor Berinvestasi Berlanjut
 
Seharusnya, kata dia, tabungan itu masuk ke perbankan, tidak konvensional seperti di bawah bantal. Sebab jika terjadi hal-hal di luar dugaan, malah justru membuat masyarakat yang menabung di bawah bantal menderita.
 
"Harusnya itu tabungan masuk ke perbankan. Dan saya senang itu harus dimulai dari pelajar agar semuanya gemar menabung," tegas Jokowi.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif