Ketua Umum INACA Ari Askhara (kedua kiri). Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan.
Ketua Umum INACA Ari Askhara (kedua kiri). Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan.

INACA: Tarif Tiket Pesawat Domestik Turun 20-60%

Ekonomi pesawat kemenhub
Muhammad Syahrul Ramadhan • 13 Januari 2019 17:11
Jakarta: Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia atau Indonesia National Air Carriers Association (INACA) menyebut besaran penurunan tarif tiket maskapai penerbangan domestik bervariatif, dari 20 persen hingga 60 persen.
 
"Bervariatif, bisa jadi 50 persen hingga 60 persen kalau yang tertinggi. Yang pasti di atas 20 persen," kata Ketua Umum INACA I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra dalam konferensi pers di kawasan Jakarta Selatan, Minggu, 13 Januari 2019.
 
Menurut pria yang akrab disapa Ari Ashkara ini, harga tiket pesawat yang sudah diturunkan setara dengan tarif tiket sebelum musim liburan Natal dan Tahun Baru 2019 (Nataru). "Jadi (harga tiket pesawatnya) bisa kembali ke harga 2018 sebelum Nataru," beber dia.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penurunan harga tiket dilihat berdasarkan kemampuan dan kebutuhan masyarakat di masing-masing daerah. "Kami memperhatikan kebutuhan masyarakat dan daya beli masyarakat di masing-masing daerah berbeda," jelas Ari.
 
Baca juga: Tarif Tiket Penerbangan Domestik Diturunkan
 
Harga tiket pesawat turun untuk enam rute penerbangan domestik. Keputusan itu disepakati oleh seluruh maskapai penerbangan di Indonesia bersama dengan Airnav Indonesia, PT Angkasa Pura I, PT Angkasa Pura II, dan PT Pertamina (Persero).
 
Penurunan tarif tiket penerbangan domestik juga sebagai bentuk kepedulian INACA terhadap tingginya harga tiket. "Kami lebih mendengar keluhan masyarakat tentang kenaikan harga tiket. Intinya kami berkomitmen menurunkan harga tiket dan ini akan diikuti oleh komitmen positif dari stakeholder," ujar dia.
 
Ari menyebut penurunan harga tiket pesawat ini tidak melanggar aturan. Meski demikian, dia memastikan penurunan harga tiket, maskapai harus tetap mengutamakan keselamatan. "Walau ada penurunan harga tiket domestik, kami berkomitmen tinggi menjaga safety penumpang plus meningkatkan safety," tegas Ari.
 

 

(HUS)
MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif