Ilustrasi. (Foto: Antara/Yusran).
Ilustrasi. (Foto: Antara/Yusran).

Tarif Bea Masuk Impor Intan Diupayakan Gratis

Ekonomi pameran perhiasan kementerian perindustrian perhiasan
19 April 2018 17:34
Jakarta: Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berupaya menurunkan tarif bea masuk impor untukbahan baku intan yang awalnya lima persen menjadi nol persen denganditerbitkannya Peraturan Menteri Keuangan Nomor 17 Tahun 2018 tentangPerubahan Kedua atas PMK Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penetapan SistemKlasifikasi Barang dan Pembebanan Tarif Bea Masuk Atas Barang Impor.
 
"Hal ini kami upayakan untuk terus meningkatkan nilai tambah dan daya saing industri perhiasan dalam menghadapi persaingan global," jelasDirektur Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Gati Wibawaningsih melalui keterangannya di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Kamis, 19 April 2018.
 
Gati menyampaikan hal tersebut dalam sambutannya pada acara pembukaan Jakarta International Jewellery Fair 2018 di Jakarta Convention Center.Adapun untuk memperluas akses pasar, Kemenperin terus berupaya menggenjot laju pertumbuhan industri perhiasan. Usaha tersebut antara lain melalui fasilitasi dalam berbagai pameran berskala internasional, salah satunya pada ajang Jakarta International Jewellery Fair 2018 yang diselenggarakan oleh Asosiasi Perhiasan Emas dan Permata Indonesai (APEPI) pada 19-22 April 2018 di Jakarta Convention Center.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun pameran ini terdiri dari 30 peserta dalam negeri, 19 peserta luar negeri, dan 51 pengrajin IKM yang merupakan mitra-binaan Kemenperin Kementerian Perdagangan (Kemendag), Kementerian Koperasi & UMKM, Dinas Perindustrian & Perdagangan Provinsi Jawa Timur, serta peserta yang memamerkan mesin, material mekanika serta perangkat industri perhiasan, para pengusaha emas dan perhiasan, dan para konsumen perhiasan di Tanah Air.
 
Beberapa bentuk pembinaan yang juga telah dilakukan Kemenperin untuk mendorong pertumbuhan industri perhiasan nasional antara lain memberikan fasilitasi bimbingan teknis produksi dan melakukan pendampingan tenaga ahli.
 
Selain itu, meningkatkan kemampuan sumber daya manusia baik di bidangdesain, teknologi, dan standardisasi, memberikan fasilitasi mesin/peralatan, memberikan fasilitasi kemudahan akses pembiayaan, serta meningkatkan akses pemasaran dengan program e-Smart IKM.
 
Gati menjelaskan program e-Smart IKM menghasilkan sistemdatabaseIKM yangtersaji dalam profil industri, sentra dan produk yang terintegrasikan denganmarketplaceyang ada dan dapat diakses konsumen melaluimarketplaceatau tokoonlinetersebut.Program itu pun dapat meningkatkan kapasitas pelaku IKM dalam negeri di bidange-commerce.
 
"Pelaksanaan program e-Smart IKM dilakukan melaluiworkshopbersamamarketplaceseperti bukalapak.com dan blanja.com. Hingga 2017, sudah lebih dari 1.730 pelaku IKM dari berbagai daerah yang mengikutiworkshope-Smart IKM, dan hingga 2019 ditargetkan dapat mencapai total 10 ribu IKM dengan sedikitnya 30 ribu produk IKM yang dapat diakses konsumen melaluimarketplace," tuturnya.
 
Dengan berjalannya acara ini, Gati berharap dapat mendorong kemajuan sektor industri perhiasan di Tanah Air."Diharapkan akan tercipta dampak positif, baik bagi pelaku industri perhiasan maupun masyarakat secara umum melalui pertumbuhan ekonomi serta berkontribusi pada penyerapan tenaga kerja yang akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara luas," ujar Gati.
 
Pameran Jakarta International Jewellery Fair 2018 ini digelar oleh Indonesia Jewellery Fair. Rangkaian acara berikutnya adalah Surabaya Jewellery Fair2018, yang akan diadakan pada 25-28 Oktober 2018 di Grand Ballroom Shangri-La Hotel, Surabaya, Jawa Timur.
 
Melalui rangkaian pameran perhiasan ini, Indonesia Jewellery Fair berharapdapat memberikan semangat kewirausahaan kepada anak bangsa melalui UKM yang maju, tangguh, mandiri dan juga dapat berperan sebagai motor penggerak dalam perekonomian nasional yang berbasis ekonomi kerakyatan di era pasar bebas.
 

 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif