Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga. Foto: Medcom.id/Husen Miftahudin.
Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga. Foto: Medcom.id/Husen Miftahudin.

Ari Askhara dan 3 Direksi Tak Miliki Izin Dinas ke Prancis

Ekonomi Garuda Indonesia Pergantian Direksi BUMN
Annisa ayu artanti • 06 Desember 2019 15:37
Jakarta: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengungkap Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau Ari Askhara dan tiga direksi lainnya tidak memiliki izin perjalanan dinas ke Perancis.
 
Hal itu bertolak belakang dengan pernyataan yang diberikan pihak Garuda Indonesia bahwa direksi yang ikut dalam penerbangan Airbus A300-900 dari Toulousse, Prancis ke Indonesia dalam rangka serah terima pesawat baru.
 
"Menurut komite audit, dewan komisaris yang ditandatangani Pak Sahala (komisaris utama) dan kawan-kawan, keempatnya tidak dapat izin dinas dari Kementerian BUMN," kata Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat, 6 Desember 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun keempat direksi itu yakni Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Akshara, Direktur Teknik dan Layanan Iwan Joeniarto, Direktur Kargo dan Pengembangan Mohammad Iqbal, serta Direktur Capital Human Heri Akhyar.
 
Arya menjelaskan, direksi yang pergi dinas harus berdasarkan izin Menteri BUMN. Hal itu sesuai dengan surat edaran Menteri BUMN SE-08/MBU/12/2015 tentang Perjalanan Dinas Ke Luar Negeri Bagi Direksi dan Dewan Komisaris/Dewan Pengawas BUMN.
 
Di sisi lain, tambah Arya, direksi-direksi tersebut juga bersalah karena menggunakan pesawat yang belum dioperasikan secara komersil.
 
"Kemudian pesawat Airbus tersebut itu merupakan pesawat baru belum dioperasikan secara komersil," pungkas dia.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif