Laman informasi seputar ekspor-impor. Foto: Medcom.id/Nia Deviyana.
Laman informasi seputar ekspor-impor. Foto: Medcom.id/Nia Deviyana.

Mendag Resmikan Laman Informasi Ekspor-Impor

Ekonomi ekspor-impor
Nia Deviyana • 16 Oktober 2019 19:16
Tangerang Selatan: Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita meresmikan www.exim.kemendag.go.id sebagai portal yang memuat berbagai informasi seputar ekspor-impor. Dengan satu klik, importir dan eksportir bisa memperoleh info mengenai regulasi maupun tarif.
 
"Kami berhasil mengumpulkan data dan info mengenai tarif peraturan ekspor negara tujuan, peraturan impor dari negara tujuan, dan ketentuan-ketentuan yang dibutuhkan. Itu semua kami bangun dalam satu sistem integrasi," jelas Enggar di sela kegiatan Trade Expo Indonesia (TEI) 2019, Rabu, 16 Oktober 2019.
 
Enggar berharap laman tersebut dapat membantu pengusaha, utamanya dari unit Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk mendapatkan informasi yang cepat, ter-update, dan tanpa biaya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bila masih ada yang kurang jelas infonya, kami juga menyediakan help desk di TEI 2019. Help desk kami kerahkan untuk memberikan pelayanan publik mengenai ekspor, impor, maupun investasi," imbuh Enggar.
 
Help desk, lanjut Enggar, diisi oleh pegawai Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Perindustrian, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Kementerian Pertanian (Kementan), Kementerian Perdagangan, Badan POM, hingga Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).
 
Enggar menargetkan gelaran TEI 2019 dihadiri lebih dari 35 ribu eksportir, importir, dan investor, atau meningkat 15 persen dari tahun lalu. Adapu dalam tiga tahun terakhir, TEI berhasil diselenggarakan tanpa bertumpu pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
 
"Ini semua berkat kerja sama yang solid dengan pengusaha-pengusaha Indonesia," pungkasnya.
 

(HUS)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif